Waktu Ini Akan Segera Berlalu..

Waktu Ini Akan Segera Berlalu..

khazanahalquran.com – Salah seorang raja yang memiliki kekuasaan besar mendatangi orang bijak yang terkenal. Sang raja meminta tips ataupun nasehat yang bisa membuatnya sadar dan fokus terhadap urusan agama maupun urusan dunianya.

Sang raja ingin agar dirinya tidak lupa diri di waktu senang dan bergelimang nikmat. Dan ia berharap tidak tenggelamn dalam kesedihan diwaktu sulit dan terkena musibah.

Orang bijak itu tersenyum dan meminjam cincin yang melekat di jari raja. Ia meminta izin untuk mengukir sebuah kata-kata di cincin itu. Diharapkan dengan melihat kata-kata itu akan membuat sang raja sadar dan tabah menghadapai setiap kondisi kehidupan.

Orang bijak itu mengukir di cincin sang raja dengan sebuah ungkapan :

“Waktu ini akan segera berlalu.”

Sebuah ungkapan yang memiliki makna yang begitu dalam. Ya, setiap momen yang sedang kita hadapi ini akan segera berlalu.

Kita tidak akan selalu hidup dalam kesenangan dan kemudahan. Semua itu akan segera berlalu.

Begitupula kita tidak akan selamanya hidup dalam kesulitan dan bencana. Tak lama lagi semua kesedihan itu akan berlalu.

Karenanya janganlah kita terlalu senang di masa-masa yang penuh kemudahan. Ingatlah bahwa kita hidup di dunia dan semua kesenangan itu sementara.

Dan janganlah terlalu bersedih dengan apa yang hilang darimu. Jangan tenggelam dalam kesedihan dengan kesulitan yang menimpamu. Karena semua itu juga pasti akan segera berlalu.

Ingatlah bahwa kita hidup di dunia yang serba sementara. Syukuri apa yang ada dan manfaatkan setiap momen dengan untuk menabung bekal menghadapi kehidupan yang sebenarnya.

Itulah Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an :

لِّكَيۡلَا تَأۡسَوۡاْ عَلَىٰ مَا فَاتَكُمۡ وَلَا تَفۡرَحُواْ بِمَآ ءَاتَىٰكُمۡۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٖ فَخُورٍ

“Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS.Al-Hadid:23)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 177 pelanggan lain