Virus Yang Menjadikan Manusia Berpaling dari Allah !

Virus Yang Menjadikan Manusia Berpaling dari Allah !

khazanahalquran.com – Seringkali Al-Qur’an menekankan dalam ayat-ayatnya agar manusia tidak berpaling dari Allah. Jangan pernah lalai dan lupa dari berdzikir dan mengingat-Nya.

Namun kali ini kita akan mencari, kira-kira apa penyebab manusia berpaling dari Allah? Apa yang menyebabkan manusia lalai dan melupakan Allah?

1. Harta dan anak.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah.” (QS.Al-Munafiqun:9)

Dua hal ini sering membuat manusia lupa dan berpaling dari Allah. Walaupun keduanya juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Arak dan perjudian.

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah.” (QS.Al-Ma’idah:91)

3. Bisnis dan perniagaan.

Seringkali manusia rela untuk berbohong dan bersumpah palsu demi mendapatkan keuntungan. Karena itu Allah memuji orang-orang yang berbisnis ataupun berdagang namun tetap tidak melupakan Allah swt.

رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ

“Orang yang tidak dilalaikan oleh perdagangan dan jual beli dari mengingat Allah.” (QS.An-Nur:37)

4. Menumpuk harta dan saling berbangga.

Cara apapun mereka lakukan demi meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Tak peduli apakah cara itu haram dan bisa merugikan orang lain.

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ

“Bermegah-megahan telah melalaikan kamu.” (QS.At-Takatsur:1)

5. Panjang angan-angan.

Besarnya ambisi dan panjangnya angan-angan seringkali membuat lalai dari Allah swt. Waktunya habis untuk berputar dalam khayalan dan angan-angan panjangnya.

وَيُلْهِهِمُ الْأَمَلُ ۖ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

“Dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong) mereka, kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya).” (QS.Al-Hijr:3)

6. Hanya fokus mencari kesenangan dan kelezatan duniawi.

Setiap manusia menginginkan dunia karena ia sedang hidup di dunia, namun ingatlah bahwa dengan dunia kita bisa selamat jika hanya menjadikannya sebagai batu loncatan saja. Dan sebaliknya, manusia akan celaka jika menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya.

مَتَّعْتَهُمْ وَآبَاءَهُمْ حَتَّىٰ نَسُوا الذِّكْرَ وَكَانُوا قَوْمًا بُورًا

“Tetapi Engkau telah memberi mereka dan nenek moyang mereka kenikmatan hidup, sehingga mereka melupakan peringatan; dan mereka kaum yang binasa.” (QS.Al-Furqan:18)

Al-Qur’an telah memberi peringatan bahwa siapapun yang berpaling dari Allah maka ia akan menjadi teman akrabnya setan. Kemanapun ia pergi, setan akan terus menyertainya.

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

“Dan barangsiapa berpaling dari pengajaran Allah Yang Maha Pengasih (Al-Qur’an), Kami biarkan setan (menyesatkannya) dan menjadi teman karibnya.” (QS.Az-Zukhruf:36)

Maka ingatlah selalu bahwa berpaling dari Allah akan menyeret manusia menuju siksaan yang amat pedih, bukankah Allah swt berfirman,

وَمَنْ يُعْرِضْ عَنْ ذِكْرِ رَبِّهِ يَسْلُكْهُ عَذَابًا صَعَدًا

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan Tuhannya, niscaya akan dimasukkan-Nya ke dalam azab yang sangat berat.” (QS.Al-Jinn:17)

Semoga Allah menyelamatkan kita dari siksa-Nya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain