Tujuan Lain yang Menyertai Perintah untuk Makan !

Tujuan Lain yang Menyertai Perintah untuk Makan !

khazanahalquran.com – Berulang kali Al-Qur’an memberi perintah tentang makan. Namun jika kita perhatikan, setiap Allah memberi perintah tentang makan pasti terselip tugas lain setelahnya.

Simak ayat-ayat berikut ini,

1. Makan dan jangan berlebihan !

‎وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan.”(QS.al-A’raf:31)

2. Makan dan berbagi lah dengan orang lain !

‎فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ

“Makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta).” (QS.al-Hajj:36)

3. Makan dan ber amal baik-lah !

‎كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا

“Makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh.” (QS.al-Mukminun:51)

4. Makan dan bersyukur-lah !

‎فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.” (QS.an-Nahl:114)

5. Makan dan jangan ikuti langkah setan !

‎يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. (QS.al-Baqarah:168)

6. Makan dan jangan melampaui batas !

‎كُلُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا فِيهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي ۖ وَمَن يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي فَقَدْ هَوَىٰ

“Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (QS.Thaha:81)

7. Makan dan bersedekah lah !

‎۞ كُلُوا مِن ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS.al-An’am:141)

Dari beberapa ayat ini seakan Allah ingin menjelaskan bahwa makan hanyalah alat untuk mencapai tujuan yang lainnya. Jangan sampai umur kita habis hanya untuk mencari dan menikmati makanan, tapi jadikan makan sebagai syarat untuk bertahan hidup dan power untuk beramal.

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain