Tuhanmu Tidak Lupa !

Tuhanmu Tidak Lupa !

khazanahalquran.com – Lakukan semua yang ingin kau lakukan..

Perbuat lah semua yang ingin kau perbuat..

Tapi yakinilah bahwa semua ucapannmu, semua perbuatan dan perilakumu tercatat. Tidak ada yang terlewatkan oleh Allah swt.

Semuanya tercatat rapi dalam sebuah kitab yang akan dikembalikan kepadamu.

Manusia mudah sekali lupa dan memang begitulah sifat manusia. Karena itulah Allah mencatat semua perbuatannya agar ia tidak bisa lagi mengelak dihadapan Allah swt.

أَحۡصَىٰهُ ٱللَّهُ وَنَسُوهُۚ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ شَهِيدٌ

“Allah menghitungnya (semua amal perbuatan itu), meskipun mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.” (QS.Al-Mujadilah:6)

Mungkin kau lupa dengan apa yang pernah kau lakukan, tapi Allah tidak pernah lupa dengan semua perbuatanmu.

وَمَا نَتَنَزَّلُ إِلَّا بِأَمۡرِ رَبِّكَۖ لَهُۥ مَا بَيۡنَ أَيۡدِينَا وَمَا خَلۡفَنَا وَمَا بَيۡنَ ذَٰلِكَۚ وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيّٗا

“Dan tidaklah kami (Jibril) turun, kecuali atas perintah Tuhanmu. Milik-Nya segala yang ada di hadapan kita, yang ada di belakang kita, dan segala yang ada di antara keduanya, dan Tuhanmu tidak lupa.” (QS.Maryam:64)

Ayat ini ingin menjelaskan bahwa Allah mengetahui segala sesuatu tentang hamba-Nya. Masa lalumu, masa depanmu dan masa yang sedang kau hadapi detik ini semuanya tersimpan dalam Ilmu-Nya. Sehingga semua yang engkau lakukan tercatat rapi dalam ilmu Allah swt.

Maka jangan meremehkan perbuatan sekecil apapun karena semua itu tidak akan terlewatkan atau terlupakan oleh Allah.

Bila kita selalu sadar atas keyakinan bahwa Allah tidak akan pernah lupa maka kesadaran itu akan memberi perubahan dahsyat dalam pola hidup kita.

(1). Ayat ini adalah ancaman dahsyat bagi orang-orang dzalim dan melampaui batas, Ingatlah bahwa Allah tidak akan pernah lupa !

(2). Namun diwaktu yang sama ayat ini juga menjadi penyejuk bagi orang yang didzalimi bahwa Allah tidak akan membiarkanmu dalam posisi semacam ini terus menerus. Pasti akan datang pertolongan dari-Nya karena Allah tidak akan pernah lupa.

(3). Keyakinan bahwa Allah tidak akan lupa akan membuat seseorang bertahan di jalan yang lurus karena ia tidak mau bermain-main dengan Allah. Sekecil apapun pelanggaran yang ia lakukan tidak akan pernah hilang selamanya.

Disaat Allah tidak melupakan berarti semuanya tercatat dan ketika semua tercatat maka semua perbuatanmu akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah. Bukankah Allah berfirman dalam ayat lainnya :

فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُ

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

وَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٖ شَرّٗا يَرَهُ

“Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS.Az-Zalzalah:7-8)

Jangan remehkan dosa sekecil apapun karena Allah tidak lupa…

Jangan remehkan kebaikan sekecil apapun karena Allah juga tidak akan melupakannya…

Dan jangan pernah putus asa atas kedzaliman yang menimpa karena Allah tidak lupa..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 177 pelanggan lain