Transportasi dalam Al-Qur’an

 

Khazanahalquran.com – Alat transportasi adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Kemajuan yang semakin pesat membuat alat transportasi menjadi kebutuhan primer saat ini. Seakan manusia tidak dapat hidup tanpanya.

Al-Qur’an pun tak lupa membicarakan tentang alat transportasi. Kira-kira apa saja sarana yang disebut didalamnya? Apa tujuan diciptakannya menurut Al-Qur’an?

Transportasi dalam Al-Qur’an

Ada beberapa alat transportasi yang disebut secara khusus dalam Al-Qur’an seperti kapal dan binatang tunggangan. Binatang itu mencakup unta, kuda, keledai atau selainnya. Sarana tranportasi ini dapat kita temukan dalam Firman Allah swt berikut ini,

وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ النَّاسَ

Dan kapal yang berlayar di laut dengan (muatan) yang bermanfaat bagi manusia.” (QS.Al-Baqarah:164)

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَنْعَامَ لِتَرْكَبُوا مِنْهَا وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ – وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَلِتَبْلُغُوا عَلَيْهَا حَاجَةً فِي صُدُورِكُمْ وَعَلَيْهَا وَعَلَى الْفُلْكِ تُحْمَلُونَ

“Allah-lah yang Menjadikan hewan ternak untukmu, sebagian untuk kamu kendarai dan sebagian lagi kamu makan.

Dan bagi kamu (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain pada (hewan ternak itu) dan agar kamu mencapai suatu keperluan (tujuan) yang tersimpan dalam hatimu (dengan mengendarainya). Dan dengan mengendarai binatang-binatang itu, dan di atas kapal mereka diangkut.” (QS.Ghafir:79-80)

 

Namun ada ayat Al-Qur’an yang menjadi fokus kita kali ini. Ayat ini mencakup seluruh kendaraan dari yang dahulu hingga yang akan datang. Allah swt Berfirman,

وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ

“Dan (Dia telah Menciptakan) kuda, bagal*, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) hiasan. Allah Menciptakan apa yang tidak kamu ketahui. (QS.An-Nahl:8)

*Bagal adalah peranakan kuda dengan keledai.

Jika kita perhatikan ayat ini, ternyata semua kendaraan telah disebut dalam Al-Qur’an. Tapi bukankah dalam ayat ini hanya 3 yang disebutkan? Yaitu kuda, bagal dan keledai saja ?

Ya, memang yang disebut secara spesifik hanyalah kuda, bagal dan keledai. Namun perhatikan, pada akhir ayat dijelaskan bahwa Allah Menciptakan apa yang tidak diketahui manusia.

Akhir ayat itu menjadi isyarat bahwa pada nantinya akan bermunculan kendaraan baru dengan berbagai macam bentuk dan kecanggihannya. Namun manusia pada zaman itu belum bisa mengerti dan memahaminya.

Bayangkan saja, siapa yang menyangka akan tercipta burung besi (pesawat terbang) yang dapat terbang begitu cepat menembus langit dan awan ? Sungguh akal mereka belum bisa memahaminya.

 

Tujuan Diciptakannya Alat Transportasi

Adapun tujuan diciptakannya kendaraan menurut Al-Qur’an adalah untuk menjadi tunggangan dan hiasan.

Lihat saja, zaman sekarang banyak orang yang membeli kendaraan bukan hanya untuk ditunggangi, tapi juga untuk pamer dan berhias diri. Di zaman dahulu pun mereka membeli kuda terbaik untuk dibanggakan. Inilah sekelumit tentang Transportasi dalam Al-Qur’an. Semoga dapat menambah khazanah keilmuan kita.

Komentar

Comments 1

  1. Nama: Agus says:

    Tetapi Tetap dengan transportasi umum super cepat, seperti bis. Jangan pakai mobil/motor pribadi karena membuat macet, serta polusi tambah parah.. polusi kendaraan pribadi sama saja juga merusak lingkungan dan juga dosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain