Tips-Tips Al-Qur’an untuk Memperbaiki Kerusakan Masyarakat (2)

Tips-Tips Al-Qur’an untuk Memperbaiki Kerusakan Masyarakat (2)

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya yaitu Tips-Tips Al-Qur’an untuk Memperbaiki Kerusakan Masyarakat (1).

Setelah 4 tips sebelumnya, kita akan memulai dengan tips ke lima.

5. Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Setiap perbuatan yang dilakukan manusia, cepat atau lambat akan memberikan pengaruh dalam dirinya atau kepada orang lain. Perkataan yang kita ucapkan pun cepat atau lambat akan berpengaruh, baik ataupun buruk.

كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ

“Kalimat yang baik seperti pohon yang baik.” (QS.Ibrahim:24)

وَمَثَلُ كَلِمَةٍ خَبِيثَةٍ كَشَجَرَةٍ خَبِيثَةٍ

Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk. (QS.Ibrahim:26)

Dari logika Al-Qur’an ini, amar ma’ruf dan nahi munkar itu wajib (dengan berbagai syaratnya) karena perkataan yang kita sampaikan akan memberi pengaruh walau membutuhkan waktu.

6. Penjelasan yang gamblang.

Yang juga tak kalah penting adalah penyampaian yang jelas dan gamblang, sehingga bisa difahami semua kalangan.
Karena itu pula Al-Qur’an menggunakan bahasa yang gamblang dan Rasul pun menjelaskan sesuatu dengan jelas.

فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَىٰ رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

“Maka ketahuilah bahwa kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat) dengan jelas.” (QS.Al-Ma’idah:92)

7. Menggunakan berbagai sarana dan fasilitas yang mungkin dimanfaatkan.

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ

“Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu.” (QS.Al-Anfal:60)

Seorang agen perbaikan harus cerdas dan menggunakan berbagai inovasi dalam perjuangannya. Contoh di zaman modern ini, sarana medsos menjadi salah satu media terpenting untuk melakukan perbaikan dan meluruskan pola pikir masyarakat.

8. Istiqomah untuk tidak mengikuti jalan mereka yang berbuat kerusakan.

Dalam perjuangan untuk memperbaiki kondisi umat, banyak sekali godaan dan pengaruh yang ingin membelokkan tujuan kita dari niat yang tulus. Tidak sedikit perjuangan yang telah dirintis bertaun-taun, tiba-tiba runtuh karena rayuan duniawi yang melenakan.

Seperti wasiat Nabi Musa kepada Nabi Harun as,

وَأَصْلِحْ وَلَا تَتَّبِعْ سَبِيلَ الْمُفْسِدِينَ

“Dan perbaikilah (dirimu dan kaummu), dan janganlah engkau mengikuti jalan orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS.Al-A’raf:142)

9. Tegar dan tabah dalam perjuangan.

Tentunya para pejuang Ishlah akan menghadapi rintangan dan perlawanan dari para perusak. Karena itu sangat dibutuhkan ketegaran dan ketabahan untuk tetap dijalan ini.

حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ

“Sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar.” (QS.Fushilat:53)

10. Saling mendukung dan bergandeng tangan.

Karena satu tangan tidak akan mampu menyampaikan kita pada tujuan. Untuk hasil yang besar dibutuhkan kekuatan yang besar karena para perusak juga tidak main-main dalam melaksanakan agenda mereka.

وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ

“Janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang.” (QS.Al-Anfal:46)

11. Perhatian terhadap penyebaran ilmu dan pendidikan.

Karena kebodohan adalah benih dari kerusakan dan kehancuran masyarakat. Sementara ilmu adalah cahaya yang mampu mementaskan kerusakan menuju kehidupan yang lebih baik.

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ

Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah.” (QS.al-Jumu’ah:2)

Itulah beberapa tips Al-Qur’an untuk mengatasi kerusakan pada masyarakat. Semoga kita tergolong sebagai kelompok yang memperbaiki, bukan merusak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain