Tiga Faktor Penting Untuk Meraih Kemenangan

Tiga Faktor Penting Untuk Meraih Kemenangan

khazanahalquran.com – Dalam Surat Al-Isra’ Allah swt menjelaskan bahwa pada waktunya kebatilan pasti akan sirna ketika datangnya kebenaran.

وَقُلۡ جَآءَ ٱلۡحَقُّ وَزَهَقَ ٱلۡبَٰطِلُۚ إِنَّ ٱلۡبَٰطِلَ كَانَ زَهُوقٗا

Dan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap. (QS.Al-Isra’:81)

Ayat ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun yang menarik justru pada ayat sebelumnya, karena pada ayat itu ada pelajaran-pelajaran dahsyat tentang faktor penting untuk meraih kemenangan.

Allah swt berfirman,

وَقُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ وَٱجۡعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّصِيرٗا

“Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (QS.Al-Isra’:80)

Ada beberapa poin yang perlu kita renungkan dari ayat diatas :

Dalam lapangan seringkali kita temukan bahwa persiapan, kekuatan dan bala tentara kebatilan itu lebih banyak, lebih canggih dan lebih kuat. Sementara di pihak kebenaran jumlahnya lebih sedikit dan kekuatannya lebih terbatas.

Akan tetapi faktanya pihak kebenaran dengan segala keterbatasannya selalu meraih kemenangan.

Sebagai contoh bagaimana kita melihat sedikitnya pasukan kaum muslimin di perang Badar, Uhud dan peperangan lainnya. Bahkan di hari-hari ini kita melihat bagaimana kelompok-kelompok kecil yang tertindas bisa memberikan perlawanan yang luar biasa kepada para penguasa dzalim dan penjajah negeri mereka.

Dari ayat diatas kita bisa menyimpulkan ada tiga faktor yang sangat menentukan kemenangan suatu kelompok. Apabila tiga faktor ini terpenuhi maka kebatilan itu akan tersungkur dihadapan kebenaran.

Apa saja tiga faktor itu ?

1. Perlu kejujuran dan keikhlasan dalam berjuang dan beramal.

رَبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ

“Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar.”

Faktor pertama adalah adanya kejujuran dan keikhlasan dalam beramal dan berjuang di jalan Allah swt.

2. Istiqomah dalam menjalankan aturan dan perintah Allah swt.

وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ

“Dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar.”

Kejujuran dan keikhlasan dalam perjuangan harus terus dijaga dalam bingkai istiqomah. Tidak cukup sekali dua kali saja, tapi keikhlasan itu harus selalu dijaga dalam beramal dan berjuang hingga kemenangan itu tiba.

3. Bersandar hanya kepada kekuatan Allah swt dan mengoptimalkan potensi kekuatan diri yang diberikan oleh Allah swt.

وَٱجۡعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّصِيرٗا

“Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).”

Faktor ketiga juga tak kalah penting. Setelah memulai perjuangan dengan penuh keikhlasan dan terus menjaga keikhlasan ini sepanjang kehidupan maka faktor yang ketiga adalah bersandar hanya pada kekuatan Allah swt.

Tidak berharap kepada bantuan atau kekuatan dari siapapun. Karena kemenangan itu hanya dari Allah swt.

Itulah tiga faktor utama dalam meraih kemenangan. Kejujuran, keikhlasan dan istiqomah dalam berjuang dan beramal yang dipadu dengan harapan yang kuat hanya kepada Allah pasti akan mengantarkanmu kepada kemenangan.

Karenanya setelah ayat ini langsung disambung dengan ayat selanjutnya yang berisi janji Allah bahwa kebatilan pasti akan lenyap saat kebenaran itu tiba.

Lalu coba lihatlah bagaimana kondisi kaum muslimin hari ini?

Bagaimana kaum muslimin akan menang bila masih bergantung dan berharap pada kekuatan musuh?

Bagaimana Islam akan bisa melawan kaum mustakbirin apabila masih bergantung dengan musuh Islam dari segi militer, politik serta ekonominya?

Bisakah kita menang melawan musuh dengan menggunakan senjata yang kita beli dari mereka?

Marilah kita persiapkan diri bersama untuk membangun kekuatan Islam dengan mempererat persatuan dan mengembangkan diri masing-masing dalam bidang ilmu, ekonomi dan sebagainya.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 187 pelanggan lain