Tidak Ada Yang Memikul Dosamu Kecuali Dirimu Sendiri !

Tidak Ada Yang Memikul Dosamu Kecuali Dirimu Sendiri !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

مَنِ اهْتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَهْتَدِي لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا ۚ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۗ وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبْعَثَ رَسُولًا

“Barangsiapa berbuat sesuai dengan petunjuk (Allah), maka sesungguhnya itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa tersesat maka sesungguhnya (kerugian) itu bagi dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, tetapi Kami tidak akan menyiksa sebelum Kami mengutus seorang rasul.” (QS.Al-Isra’:15)

Allah swt memberi kebebasan kepada manusia untuk memilih jalan hidupnya. Para Rasul diutus, kebenaran telah disampaikan dan manusia telah diberi akal untuk berpikir, namun tetap manusia memiliki bebas untuk menentukan pilihannya.

Dari ayat diatas setidaknya ada 4 poin penting yang perlu kita renungkan :

(1)

Siapa yang memilih jalan kebenaran dan petunjuk dari Allah, maka dia sendiri yang akan mendapatkan manfaat dan keuntungan dari pilihan tersebut.

(2)

Siapa yang berpaling bahkan menentang kebenaran setelah semua itu jelas dihadapannya, maka kerugiannya juga akan kembali pada dirinya sendiri. Kemuliaan Allah tidak bertambah dengan banyaknya orang yang taat dan tidak pula berkurang dengan banyaknya orang yang menentang kebenaran.

(3)

Tidak ada seorang pun yang akan memikul dosa kita. Masing-masing akan memikul dan mempertanggung jawabkan dosanya sendiri.

(4)

Telah menjadi Sunnatullah bahwa Allah tidak akan menyiksa suatu kaum sebelum mengutus Rasul kepada mereka. Akal tidaklah cukup untuk mencari kebahagiaan dunia dan akhirat, namun bimbingan Rasul sangat diperlukan untuk membimbing akal manusia.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari ayat diatas. Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 166 pelanggan lain