Tidak Ada yang Kebetulan di Alam ini !

Khazanahalquran.com – Jika buku yang hebat pasti ada penulisnya, maka alam yang luar biasa ini pasti memiliki pencipta. Dan salah satu tanda kebesaran Allah adalah dengan adanya kilat yang menyambar, hujan yang mengguyur dan tumbuhan yang hidup dan mati.

Mari kita simak ayat berikut ini :

وَمِنْ آيَاتِهِ يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفاً وَطَمَعاً وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَيُحْيِي بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya, Dia Memperlihatkan kilat kepadamu untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia Menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering). Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mengerti.” (QS.ar-Rum:24)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Keseimbangan antara takut dan harapan akan membangun kehidupan manusia. “untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan.”

2. Tidak ada yang kebetulan antara kilat dilangit, hujan dan tumbuhan dibumi. Semuanya berjalan dengan aturan yang detail dan tertata rapi. “Dia Memperlihatkan kilat kepadamu… Menurunkan air (hujan) dari langit… lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering).”

3. Aturan penciptaan dibangun dengan hukum sebab akibat. Seluruh sebab itu telah diatur dengan sangat sempurna dan detail. “Lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering).”

4. Adanya musim semi dan musim kemarau, jatuhnya dedaunan dan tumbuhnya kembali daun-daun itu adalah tanda-tanda kekuasaan Allah swt atas ciptaan-Nya. “Lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering).”

5. Mengenal Allah harus dengan ilmu dan pikiran logis. “Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mengerti.”

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain