Tidak Ada Celah Sedikitpun Untuk Berputus Asa dari Rahmat-Nya !

Khazanahalquran.com – Allah swt menceritakan kisah Nabi Yunus as dalam firman-nya,

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ – فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS.al-Anbiya’:87-88)

Ayat ini menceritakan kisah Nabi Yunus as didalam perut ikan paus, coba bayangkan kondisi beliau dikala itu !

Di dalam perut ikan yang besar, ditengah gelapnya malam, beliau terombang-ambing ditengah ombak sementara kematian telah menanti didepan mata. Rasa sedih dan gundah bercampur menjadi satu hingga semua berubah dengan satu kalimat.

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
“Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”.

Masih ada harapan dalam hati beliau kepada Sang Pencipta,
 فَنَادَى فِي الظُّلمَاتِ 

” Maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap…”

Walau dalam gelapnya perut paus, disitu masih ada harapan. Akankah kita putus asa dalam urusan atau ujian yang lebih sederhana?

Ikatkan hati kita kepada Allah maka kita tidak akan kecewa dengan izin-Nya. Maka jangan pernah putus asa dengan rahmat-Nya, sesulit apapun kondisi kita.

Komentar

Comments 1

  1. Anonim says:

    Subhanallah. … Trimakasih ustad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain