Tidak Ada Alasan untuk Tidak Ber-Akhlak !

Tidak Ada Alasan untuk Tidak Ber-Akhlak  !

khazanahalquran.com – Intisari Islam adalah mengedepankan akhlak pada semua makhluk. Islam datang sebagai rahmat bagi seluruh alam. Tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak bersikap santun apapun alasan dan kondisinya.

Simak ayat berikut ini,

وَسَرِّحُوهُنَّ سَرَاحًا جَمِيلًا

“Dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya.” (QS.Al-Ahzab:49)

Kita tau bahwa detik-detik perceraian identik dengan waktu yang tegang dan sengit. Seakan masalah telah sampai pada puncaknya. Namun lihatlah bagaimana Islam mengatur sikap kita dalam menghadapi masalah ini?

Ditengah situasi yang tegang, sengit dan puncak masalah, kita tetap diajak untuk mengedepankan akhlak dan bersikap dengan sebaik-baiknya. Tidak ada celah untuk menghina, mencaci atau merendahkan. Dalam kondisi serumit apapun akhlak tetap harus dikedepankan. Bahkan dihadapan musuh sekalipun.

Inilah Islam yang sesuai dengan ajaran Al-Qur’an. Sebuah ajaran yang tidak pernah memberi celah untuk cacian, hinaan dan ejekan. Ajaran yang ingin membawa rahmat dan sikap bijaksana dalam setiap situasi dan kondisi.

Maka marilah kita koreksi sampai dimana keislaman kita? Sudahkah sejalan dengan ayat-ayat-Nya?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain