Ternyata Ini Penyebab Kacaunya Umat Islam menurut Al-Qur’an !

Ternyata Ini Penyebab Kacaunya Umat Islam menurut Al-Qur’an !

Khazanahalquran.com – Hari ini kita sedang berada pada zaman fitnah. Sebuah zaman dengan suasana yang serba kacau dan serba samar. Semua kelompok mengaku paling benar dan menuduh kelompok lain sesat. Kebenaran dan kebatilan susah dibedakan karena carut marut dunia yang tak berkesudahan.

Lalu bagaimana Al-Qur’an melihat fenomena ini?

Kita akan mencari jawabannya melalui firman Allah swt,

وَالَّذِينَ كَفَرُوا بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚإِلَّا تَفْعَلُوهُ تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ كَبِيرٌ

“Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (QS.al-Anfal:73)

Para ahli tafsir memiliki beragam pandangan mengenai dua kalimat diatas, yaitu “fitnah” dan “fasad”. Namun pendapat terbanyak menyebutkan bahwa :

Fitnah yang dimaksud dalam ayat ini adalah perpecahan dan terguncangnya akidah Islam karena rongrongan musuh.

Dan fasad yang dimaksud meliputi segala kerusakan dan kehancuran masyarakat khususnya pertumpahan darah dan terror yang menjadi-jadi.

Kita semua berada di zaman yang disebutkan oleh ayat ini, yaitu zaman fitnah dan fasad. Lalu pertanyaannya, bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Apa penyebab terjadinya fitnah dan kerusakan ini?

Sejak awal Al-Qur’an telah memperingatkan bahwa segala fitnah dan kerusakan ini terjadi karena umat Islam tidak menjalankan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Al-Qur’an telah memperingatkan bahwa jika kita tidak memper-erat persaudaraan dan tidak memutus hubungan dengan musuh maka perlahan umat ini akan semakin terpecah dan tercerai-berai. Kemudian musuh semakin leluasa untuk menyusup kedalam tubuh kaum muslimin dan merusak masyarakat Islam dari dalam. Hingga kaum muslimin terperangkap dalam lubang fitnah yang menyeramkan.

Kuncinya adalah persatuan umat ! Jika kita terpecah-pecah maka musuh dengan cepat akan menjalankan berbagai rencana mereka untuk menghancurkan Islam. Yaitu dengan menyulut perang saudara dan teror diantara kaum muslimin sendiri.

Pada akhirnya darah pun tertumpah sia-sia, harta terampas dan anak-anak ditelantarkan. Semua ini menjadikan muslimin menjadi lemah dan tak berdaya. Dan inilah yang disebut kerusakan yang besar pada ayat diatas.

Marilah kita kokohkan persatuan demi menjaga keutuhan dan nama besar Islam. Dan tak lupa untuk memotong tangan-tangan musuh yg ingin memporak-porandakan kaum muslimin.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain