Tekad Diawal Penting, Namun Istiqomah Lebih Penting !

Tekad Diawal Penting, Namun Istiqomah Lebih Penting !

khazanahalquran.com – Semangat dan tekad kuat untuk memulai sesuatu memang hal yang penting. Tanpa tekad yang kuat, sebuah rencana ataupun amal baik tidak akan terwujud.

Tapi ada yang lebih penting dari sebuah tekad, yaitu usaha untuk bisa komitmen, istiqomah dan rutin dijalankan.

Begitu banyak rencana, program dan semangat yang menggebu-gebu di awal tiba-tiba menguap ditengah perjalanan. Memulai memang sulit tapi menjaga dan berkomitmen untuk menjalankannya jauh lebih sulit.

Kali ini kita akan belajar dari Nabi Musa as yang kisahnya diabadikan dalam firman Allah swt,

Allah swt berfirman,

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua laut; atau aku akan berjalan (terus sampai) bertahun-tahun.” (QS.Al-Kahfi:60)

Ayat ini menggambarkan tekad Nabi Musa as yang begitu kuat dalam mencari ilmu. Bukan berhenti pada tekad saja, namun beliau mempersiapkan diri untuk berkomitmen dalam mencapai tujuannya walau dibutuhkan waktu yang lama.

Maka mari kita kuatkan tekad kita dalam menjalankan sebuah rencana yang baik namun jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk menjaga dan berkomitmen untuk menjalankannya hingga sampai pada tujuan. Karena amal yang paling dicintai oleh Allah adalah amal yang diiringi dengan istiqomah.

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain