Teganya Manusia Terhadap Dirinya Sendiri !

Teganya Manusia Terhadap Dirinya Sendiri !

khazanahalquran.com – Al-Qur’an sering menyebut manusia sedang “mendzalimi dirinya sendiri”.

Mungkin kalimat ini terdengar aneh dan asing. Mana mungkin seseorang mau menyakiti dirinya sendiri? Mana ada manusia yang ingin mencelakai dirinya sendiri ?
Namun Al-Qur’an berkali-kali menggunakan kalimat ini, seperti dalam firman-Nya :

فَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيَظۡلِمَهُمۡ وَلَٰكِن كَانُوٓاْ أَنفُسَهُمۡ يَظۡلِمُونَ

“Allah tidak menzhalimi mereka, tetapi merekalah yang menzhalimi diri mereka sendiri.” (QS.At-Taubah:70)

Bila ada seseorang yang secara nyata menyakiti dirinya sendiri tanpa alasan yang jelas, spontan kita akan menilai orang itu tidak waras. Lalu bagaimana Al-Qur’an menyebut mayoritas manusia sedang mendzalimi diri mereka masing-masing?

Sebelumnya kita harus mencari tau terlebih dahulu, apa sebab yang membuat seseorang berbuat dzalim?

Tentunya ada banyak faktor yang mendorong seseorang untuk berbuat dzalim. Namun dalam hal ini ada dua sebab utama yang membuat seseorang berbuat dzalim, yaitu KEBODOHAN dan KELALAIAN.

Manusia memiliki fitrah mencintai diri sendiri. Secara normal tidak ada manusia yang ingin mendzalimi dirinya sendiri. Tidak ada seorang pun yang ingin mencelakai dirinya sendiri. Setiap insan akan berusaha menjaga, menyelamatkan dan membahagiakan dirinya. Namun kebodohan dan kelalaian adalah masalah utamanya !

Tidak ada orang yang ingin mendzalimi dirinya, tapi banyak orang yang tidak tau bahwa ia sedang mencelakai dirinya sendiri !

Bukankah Allah swt berfirman,

ٱلَّذِينَ ضَلَّ سَعۡيُهُمۡ فِي ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا وَهُمۡ يَحۡسَبُونَ أَنَّهُمۡ يُحۡسِنُونَ صُنۡعًا

“(Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya.” (QS.Al-Kahfi:104)

Banyak manusia yang menganggap ia sedang berbuat suatu kebaikan untuk dirinya, padahal sebenarnya ia sedang mendzalimi dirinya sendiri. Perbuatan dosa seringkali tampak sebagai usaha untuk “membahagiakan diri” padahal dibalik semua itu ia sedang “menghancurkan diri sendiri”.

Setiap dosa yang kau lakukan memiliki efek negatif yang pasti akan kembali padamu.

Karenanya Allah seringkali mengulang firman-Nya,

“Allah tidak menzhalimi mereka, tetapi merekalah yang menzhalimi diri mereka sendiri.”

Karena itu sayangi dirimu. Mulai lah berpikir sebelum berbuat, karena banyak hal yang kau anggap baik untuk dirimu namun sebenarnya perbuatan itu sedang mencelakai dirimu sendiri !

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 180 pelanggan lain