Tanda Orang Sholeh, Ikut Berbahagia dengan Kebahagiaan Orang Lain

Tanda Orang Sholeh, Ikut Berbahagia dengan Kebahagiaan Orang Lain

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS.Ali ‘Imran:38)

Kali ini kita akan mengambil dua pelajaran dahsyat dari ayat ini.

Pertama, ketika Nabi Zakaria as melihat ada rezeki yang datang kepada Maryam berupa buah-buahan yang bukan di musimnya. Hati beliau segera tergerak untuk berdoa dan memohon kepada Allah untuk diberi keturunan walaupun seakan itu mustahil. Karena Nabi Zakaria telah berumur tua dan istrinya pun mandul.

Tapi lihatlah keyakinan Nabi ini ! Tidak ada sesuatu yang mustahil jika kita meminta kepada Sang Pemilik Alam !

Kedua, orang-orang baik begitu senang melihat orang lain mendapatkan kenikmatan. Mereka ikut berbahagia melihat orang lain tersenyum.

Kenikmatan yang diterima orang lain membuat hati mereka menjadi optimis bahwa Allah juga akan mengabulkan doa-doanya.

Berbeda dengan orang-orang yang memiliki hati yang hasud. Mereka tersiksa melihat orang lain bahagia. Dan mereka lebih menderita lagi ketika melihat orang lain mendapat tambahan kenikmatan dari Allah swt.

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain