Tahukah Anda Makna “Takbir” yang Sebenarnya?

Khazanahalquran.com – Hari-hari ini “takbir” menjadi dzikir yang paling fenomenal di dunia. Bukan hanya terdengar di mihrab-mihrab, dzikir ini diteriakkan di berbagai macam tempat.

Namun pertanyaannya, tahukah kita apa makna takbir itu? Atau jangan-jangan kita hanya berkata tanpa tahu maknanya?

Allah SWT berfirman,

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا

Dan katakanlah: “Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.” (QS.al-Isra’:111)

Dalam ayat ini Allah menekankan kepada nabi-Nya untuk bertakbir dan mengagungkan-Nya. Artinya bukan hanya mengucap takbir di lisan tapi menjadikan takbir itu sebagai keyakinan.

Secara umum makna takbir (Allah Maha Besar) itu adalah tidak menyamakan Allah dengan makhluk-Nya. Dan kita katakan bahwa Allah lebih agung dari sesuatu apapun.

Untuk lebih jelasnya kita akan belajar dari Imam Ja’far As-Shodiq as (guru dari madzhab Maliki dan Hanafi) tentang hal ini.

Suatu hari seorang lelaki mengucap takbir dihadapan beliau.

“Allahu Akbar..” kata lelaki itu.
“Allah Maha Besar dari apa?” tanya Imam Ja’far.
“Allah lebih besar dari segala sesuatu.” jawab lelaki ini.
“Jika kau berkata demikian, sungguh engkau telah membatasi-Nya.” kata beliau.
“Lalu apa yang harus aku katakan?” tanya lelaki itu.
“Allah Maha Besar untuk disifati.”

Maksud dari jawaban ini adalah kita tidak akan mampu mensifati kebesaran Allah, karena segala yang mampu kita sifati berarti kita telah meliputi atau membatasinya. Sementara Allah menjelaskan dalam firman-Nya

وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ

“Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.” (QS.al-Baqarah:255)

Karena itu diawal ayat ini kita diperintahkan untuk mensucikan Allah terlebih dahulu baru diakhiri dengan perintah untuk bertakbir.

Inilah arti sebenarnya dari Allahu Akbar. Kalimat takbir adalah sebuah dzikir yang tak cukup dilontarkan oleh lisan tapi harus merasuk ke dalam hati dan akidah kita. Bahwa Allah sungguh Maha Besar dari bayangan kita. Allah jauh lebih agung dari segala sifat yang kita sematkan kepada-Nya.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY