Surat Yusuf, Kisah Terbaik dalam Al-Qur’an !

Khazanahalquran.com – Surat Yusuf disebut oleh Allah sebagai kisah terbaik didalam Al-Qur’an.

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ

“Kami Menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik.” (QS.Yusuf:3)

Mengapa disebut kisah terbaik? Karena kisah Nabi Yusuf penuh dengan pelajaran berharga. Kisah ini juga dimulai dengan sebuah mimpi dan berakhir dengan terwujudnya mimpi tersebut.

Dari kisah indah ini, seakan Allah ingin mengajarkan kepada kita untuk berpegangan dengan cita-cita dan harapan kita. Karena pasti Allah akan memberi jalan untuk meraihnya.

Dan dari surat ini, kita akan belajar bahwa :

Orang yang sakit akan sembuh dengan rahmat Allah, seperti Nabi Ya’qub yang matanya dapat melihat kembali setelah mencium aroma dari pakaian Yusuf.

Orang yang hilang akan kembali dengan izin Allah, seperti Yusuf yang telah dibuang oleh saudara-saudaranya dapat kembali lagi kepada ayahnya setelah puluhan tahun.

Orang yang bersedih akan bergembira dengan bantuan Allah, seperti Yusuf dan Ya’qub yang sama-sama bersedih karena harus terpisah sekian lama, namun pada akhirnya keduanya dapat bertemu kembali.

Segala masalah akan terangkat dengan anugerah Allah, seperti berbagai fitnah dan masalah yang menimpa Yusuf semuanya dapat diatasi hingga mengantarkan Nabi Yusuf menjadi penguasa Negri Mesir.

Dan orang yang terdzolimi pada akhirnya akan menang dengan bantuan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS.al-A’raf:128)

Maka dengan berbaik sangka kepada Allah, segala rintangan yang ada dihadapan kita akan menjadi ringan. Karena kita yakin dibalik setiap permasalahan ada rencana Allah yang begitu indah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain