Siapkan Dirimu Untuk Menghadapi “Hari yang Sulit” !

Khazanahalquran.com – Allah swt memberi segala fasilitas dan kemudahan di dunia ini agar manusia sampai pada kesempurnaan. Allah swt berfirman,

ثُمَّ السَّبِيلَ يَسَّرَهُ

“Kemudian jalannya Dia Mudahkan.” (QS.Abasa:20)

Kemudian Allah menyiapkan petunjuk berupa syariat untuk membantu manusia mencapai kesempurnaannya. Dan semua syariat itu juga dipermudah oleh Allah.

يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah Menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak Menghendaki kesukaran bagimu.” (QS.al-Baqarah:185)

Akan tetapi, siapapun yang mengabaikan semua kemudahan yang telah diberi oleh Allah di dunia ini pasti akan melewati berbagai kesulitan di hari kemudian.

Karenanya, salah satu nama dari nama-nama hari kiamat adalah “Hari yang Sulit”. Al-Qur’an menyebut nama ini sebanyak tiga kali dalam firman-Nya,

 

وَكَانَ يَوْماً عَلَى الْكَافِرِينَ عَسِيراً

“Dan itulah hari yang sulit bagi orang-orang kafir.” (QS.al-Furqan:26)

 

يَقُولُ الْكَافِرُونَ هَذَا يَوْمٌ عَسِرٌ

Orang-orang kafir berkata, “lni adalah hari yang sulit.” (QS.al-Qamar:8)

 

فَذَلِكَ يَؤْمَئِذٍ يَوْمٌ عَسِيرٌ

“Maka itulah hari yang serba sulit.” (QS.al-Muddatsir:9)

 

Dalam kitab tafsirnya, Fakhrur Rozi menyebutkan,

“Kesulitan orang kafir di hari ini adalah karena mereka berusaha membantah ketika dihisab, sementara buku catatan amal mereka diberikan di tangan kiri. Wajah mereka mulai menjadi hitam dan mereka dibangkitkan dalam keadaan buta. Seluruh bagian tubuh mereka bersaksi dan tersingkaplah semua aib dihadapan semua saksi di hari tersebut.”

Tafsiran diatas baru menyebutkan satu pos dari “hari yang sulit” tersebut yaitu pos perhitungan amal (hisab). Orang-orang kafir akan mengalami kesulitan yang lebih pada pos-pos selanjutnya. Yaitu ketika mereka melihat berbagai siksa yang dahsyat di neraka jahannam.

Namun sebutan “hari yang sulit” ini tidak hanya berlaku untuk orang-orang kafir. Bagi orang-orang mukmin, hari perhitungan amal juga menjadi hari yang sulit. Karena seluruh perbuatan mereka akan dihitung satu per satu, walau sebesar biji atau sekecil debu sekalipun. Dan proses perhitungan ini adalah hari yang berat dan sulit bagi mereka.

Mari persiapkan diri kita untuk menghadapi hari yang sulit itu. Ikuti semua syariat dan petunjuk Allah yang ingin memudahkan kita untuk melewati hari yang sulit tersebut, karena semua itu bergantung dengan amal kita di dunia.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kemudahan di “hari yang sulit” nanti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain