Setiap Kelebihan dari Allah Memiliki Hitungan Tersendiri !

khazanahalquran.com – Diriwayatkan bahwa sekelompok orang yang kurang mampu mendatangi Rasulullah saw kemudian mengeluh,

“Wahai Rasulullah, orang-orang kaya mengeluarkan sedekah sementara kami tidak mampu bersedekah. Mereka berangkat haji sementara kami tidak mampu berhaji. Mereka membebaskan budak sementara kami tidak mampu membebaskan budak.”

Rasul pun menjawab,

“Siapa yang bertakbir (ألله أكبر) 100x, itu lebih baik dari membebaskan budak. Siapa yang bertasbih (سبحان الله)100x itu lebih baik dari (menyumbangkan) 100 kuda dijalan Allah lengkap dengan pelana dan ikat kendalinya.

Siapa yang membaca tahlil  (لا اله الا الله) 100x, sungguh ia adalah seorang yang paling baik amalannya di hari itu kecuali mereka yang menambah bacaan itu.”

Sabda ini sampai kepada orang-orang kaya dan mereka pun menjalankannya. Akhirnya orang-orang faqir kembali mendatangi Rasulullah dan berkata,

“Wahai Rasulullah, telah sampai sabdamu kepada orang-orang kaya dan mereka pun menjalankannya.”

Kemudian beliau mengutip sebuah ayat,

ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

“Demikianlah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki; dan Allah memiliki karunia yang besar.” (QS.Al-Jumu’ah:4)

Ayat ini adalah isyarat bahwa sabda beliau tersebut adalah untuk orang-orang miskin yang ingin bersedekah namun tak mampu melakukannya. Adapun orang-orang kaya yang diberi kelebihan oleh Allah, maka cara untuk meraih pahala-Nya adalah dengan menginfakkan harta dijalan Allah swt.

Komentar

LEAVE A REPLY