Seperti Apa Kekuasaan dalam Bayanganmu?

Seperti Apa Kekuasaan dalam Bayanganmu?

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

‎رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِن تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

‏”Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.” (QS.Yusuf:101)

Mungkin selama ini “memiliki kekuasaan” dalam bayangan kita adalah memiliki istana yang megah dan harta yang melimpah. Namun jika kita berkaca dengan ayat diatas kita akan melihat bahwa kekuasaan duniawi adalah kekuasaan yang kecil.

Nabi Yusuf as berkuasa atas negeri Mesir namun ada kekuasaan yang lebih agung dan lebih besar yang sebelumnya telah beliau miliki.

Penguasa yang sebenarnya adalah seseorang yang mampu menguasai hawa nafsu dan syahwatnya. Karena menguasai keduanya jauh lebih susah dari menguasai dunia dan seisinya.

Penguasa yang sebenarnya adalah ketika dalam kesendirian ia tetap takut kepada Penciptanya, lalu ia berkata,

إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan sekalian alam”. (QS.al-Ma’idah:28)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain