Semua Amalmu Akan Mendatangimu !

Semua Amalmu Akan Mendatangimu !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ

“(Ingatlah) pada hari (ketika) setiap jiwa mendapatkan (balasan) atas kebajikan yang telah dikerjakan dihadapkan kepadanya, (begitu juga balasan) atas kejahatan yang telah dia kerjakan.” (QS.Ali ‘Imran:30)

Coba renungkan ayat ini perlahan dan resapilah ke dalam hati.

Seandainya manusia selalu mengingat ayat ini dan selalu membayangkan ayat ini dalam benaknya, maka ia akan bergegas untuk terus menabung kebaikan. Segala kesulitan yang harus dihadapi untuk bisa berbuat baik akan terasa ringan. Rasa lelah ataupun kesulitan ketika membantu orang yang membutuhkan, menyenangkan hati yang sedih dan memberi makan orang yang kelaparan, semuanya akan menjadi ringan karena ia yakin bahwa kelak semua kebaikan itu akan hadir didepan matanya. Semua amal itu akan membantunya menghadapi berbagai kondisi-kondisi yang sulit di hari kiamat. Lalu akan menyertainya menuju surga.

Hari ini berbuatlah sesuatu yang dapat menolongmu, membahagiakan hatimu dan meninggikan derajatmu kelak di hari kiamat.

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِمَّا عَمِلُوا ۚ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

“Dan masing-masing orang ada tingkatannya, (sesuai) dengan apa yang mereka kerjakan. Dan Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS.Al-An’am:132)

Namun yang juga perlu diingat, ketika engkau melakukan hal yang sebaliknya. Ketika dirimu malah menabung dosa-dosa maka semua itu juga akan hadir di hari kau dibangkitkan dan akan membawamu pada bencana dan malapetaka. Bukankah akhir dari ayat diatas menyebutkan,

وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا ۗ وَيُحَذِّرُكُمُ اللَّهُ نَفْسَهُ ۗ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ

“(Begitu juga balasan) atas kejahatan yang telah dia kerjakan. Dia berharap sekiranya ada jarak yang jauh antara dia dengan (hari) itu. Dan Allah memperingatkan kamu akan diri (siksa)-Nya. Allah Maha Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya.” (QS.Ali ‘Imran:30)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain