Selama Ini Anggapanku Salah !

Selama Ini Anggapanku Salah !

khazanahalquran.com – Seorang hamba yang sholeh pernah bercerita,

“Dulu aku mengira bahwa seorang hamba harus mencintai Allah swt terlebih dahulu baru kemudian Allah akan mencintainya. Tapi anggapanku itu salah ketika aku membaca firman Allah swt,

فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ

“Kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, (yang) Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.” (QS.Al-Ma’idah:54)

Dari ayat ini aku menyadari bahwa yang pertama mencintai adalah Allah swt, sebelum hamba-Nya.

Dulu aku mengira bahwa seorang hamba harus bertaubat terlebih dahulu baru kemudian Allah akan memberikan ampunan kepadanya. Tapi setelah membaca ayat ini aku sadar bahwa anggapanku itu salah.

ثُمَّ تَابَ عَلَيْهِمْ لِيَتُوبُوا

“Kemudian Allah menerima tobat mereka agar mereka tetap dalam tobatnya.” (QS.At-Taubah:118)

Dari sini aku baru sadar bahwa ternyata Allah lah yang mengilhamkan kesadaran untuk bertaubat kedalam hati hamba-Nya sehingga ia bisa kembali dan mendapat ampunan-Nya.

Dulu aku mengira bahwa seorang hamba harus rela terhadap semua ketentuan Allah swt baru kemudian kerelaan Allah itu akan datang. Namun lagi-lagi aku menyadari bahwa anggapanku salah setelah aku membaca firman Allah swt,

رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ

“Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya.” (QS.Al-Ma’idah:119)

Dari ayat ini aku baru mengerti bahwa yang pertama memberi kerelaan adalah Allah swt.

Karena itu kini aku selalu memohon dalam doaku, “Ya Allah, cintai kami, bimbinglah kami untuk bertaubat dan bantulah kami untuk selalu mengingat-Mu dan bersyukur atas semua nikmat yang Kau berikan.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 161 pelanggan lain