Sampaikan Kebenaran dengan Terang-Terangan !

Sampaikan Kebenaran dengan Terang-Terangan !

Khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَقَالَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا لَوْ شَاءَ اللَّهُ مَا عَبَدْنَا مِنْ دُونِهِ مِنْ شَيْءٍ نَحْنُ وَلَا آبَاؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ دُونِهِ مِنْ شَيْءٍ ۚ كَذَٰلِكَ فَعَلَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۚ فَهَلْ عَلَى الرُّسُلِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

Dan berkatalah orang-orang musyrik: “Jika Allah menghendaki, niscaya kami tidak akan menyembah sesuatu apapun selain Dia, baik kami maupun bapak-bapak kami, dan tidak pula kami mengharamkan sesuatupun tanpa (izin)-Nya”. Demikianlah yang diperbuat orang-orang sebelum mereka; maka tidak ada kewajiban atas para rasul, selain dari menyampaikan (amanat Allah) dengan terang. (QS.an-Nahl:35)

Tugas utama dari para nabi adalah berdakwah secara terang-terangan. Yakni para nabi harus berdakwah secara terbuka dan tidak sembunyi-sembunyi. Walaupun pada kondisi tertentu mereka diperintahkan untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi, tapi dalam waktu yang sangat terbatas.

Mengapa demikian?

Karena dakwah tertutup secara terus menerus tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan dan tidak memiliki pengaruh yang besar. Karena itu para nabi harus berdakwah secara terbuka dan penuh keyakinan dihadapan semua orang. Tentunya dengan pengaturan dan strategi yang pas untuk meraih tujuan berdakwah.

Sejarah menceritakan bahwa semua nabi berdakwah dengan terbuka dan terang-terangan, walau dengan sedikitnya pengikut dan pembela.

Dan ini menjadi pelajaran besar bagi para penyeru kebenaran, bahwa para nabi tidak pernah berkompromi dengan kebatilan dan para pengikutnya. Mereka pun siap dengan segala resiko dan akibat dari keterbukaan sikap mereka.

Maka marilah kita kuatkan hati untuk tidak berkompromi dengan kebatilan dan para pengikutnya. Karena para pengikut kebenaran tidak akan meleburkan dirinya bersama pemuja kebatilan.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain