Sadarkah Jika Selama Ini Kita Membantu Kerja Setan?

Sadarkah Jika Selama Ini Kita Membantu Kerja Setan?

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

إِنَّمَا النَّجْوَىٰ مِنَ الشَّيْطَانِ لِيَحْزُنَ الَّذِينَ آمَنُوا

“Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu termasuk (perbuatan) setan, agar orang-orang yang beriman itu bersedih hati.” (QS.Al-Mujadilah:10)

Setan selalu berusaha membuat hati orang-orang beriman menjadi gelisah, bersedih dan putus asa. Segala cara mereka lakukan untuk menggoyahkan hati kaum mukminin.

Sadar atau tidak, terkadang kata-kata ataupun perbuatan kita turut menyukseskan agenda setan dan sekutunya. Kalimat-kalimat kita seringkali menyakiti dan membuat sedih hati kaum mukminin. Perbuatan kita seringkali menggelisahkan hati mereka. Kita yang menjadikan setan sebagai musuh malah seringkali “menyukseskan” kerja setan.

Karena itu mari kita kontrol lisan dan perbuatan kita agar jangan sampai membuat sedih hati orang lain. Karena kesedihan orang mukmin adalah suksesnya kerja setan !

Karena itu mari kita belajar dari Al-Qur’an tentang perkataan apa yang terbaik untuk diungkapkan.

Allah swt berfirman,

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

“Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” (QS.An-Nisa’:114)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 129 pelanggan lain