Renungan Di Akhir Bulan Ramadhan

Renungan Di Akhir Bulan Ramadhan

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ

“Dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (QS.An-Nur:52)

Tak terasa waktu telah mengantarkan kita pada detik-detik terakhir dari bulan Ramadhan. Besok kita akan merayakan hari raya Idul Fitri, atau yang biasa disebut hari kemenangan.

Tujuan puasa adalah takwa. Lalu apa hasil dari ketakwaan?

Ayat diatas adalah jawabannya. Dalam ayat itu kita disajikan golongan-golongan manusia yang meraih derajat kemenangan. Siapa saja mereka?

Pertama, orang yang taat pada Allah dan Rasul-Nya.

Kedua, orang yang takut kepada Allah.

Ketiga, orang yang bertakwa kepada-Nya.

Apabila tiga sifat ini menempel pada seseorang, maka ia layak disebut orang-orang yang menang dan beruntung. Karena ia akan meraih semua kebaikan.

Sementara ayat sebelumnya diceritakan bagaimana seorang mukmin tidak punya pilihan dihadapan ketentuan Allah keculi *Sami’na wa Ato’na*.

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Hanya ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, “Kami mendengar, dan kami taat.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. (QS.An-Nur:51)

Pada ayat yang pertama tadi kita disodorkan dengan tiga sifat, yaitu taat, takut dan takwa.

Ketaatan adalah induk dari semua sifat tersebut.

Rasa takut kepada Allah adalah bagian dalamnya.

Sementara ketakwaan adalah aplikasi dari ketaatan dan rasa takut kepada Allah.

Besok setiap muslim akan saling mengucapkan Minal Aidin wal Faizin. Namun siapa al-faizun (orang-orang yang menang) yang sebenarnya?

Mereka lah yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya tanpa ada tawar menawar. Mereka yang takut kepada Allah dan yang mengiringi kehidupannya dengan takwa.

Khazanah Al-Qur’an mengucapkan selamat menyambut hari raya Idul Fitri.

Minal Aidin wal Faidzin.
Mohon maaf lahir dan batin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 129 pelanggan lain