Rasul Mengadu Kepada Allah Karena Umatnya Mengabaikan Al-Qur’an !

Rasul Mengadu Kepada Allah Karena Umatnya Mengabaikan Al-Qur’an !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

“Dan Rasul (Muhammad) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Qur’an ini diabaikan.” (QS.Al-Furqan:30)

Ketika seseorang melakukan traveling (bepergian) ke tempat yang belum ia kenali, pasti ia tidak akan lepas dari alat petunjuk. Apalagi di zaman yang serba canggih ini, aplikasi Maps (peta) di telepon genggam kita menjadi barang wajib yang akan membimbing kita kemanapun tujuan yang kita inginkan.

Kehidupan dunia adalah sebuah perjalanan panjang dengan medan yang begitu luas. Tanpa buku petunjuk, pasti dan pasti kita akan tersesat. Namun Allah swt telah menyediakan buku petunjuk yang lengkap dan terjamin bagi setiap hamba-Nya. Buku petunjuk itu bernama Al-Qur’an.

Idealnya, setiap orang harus akrab dengan buku petunjuk yang ia miliki. Ia harus mengerti cara pemakaian dan cara memahami petunjuk yang ada didalamnya. Bagaimana ia akan mendapat petunjuk jika tidak memahami isinya?

Lalu siapa yang dimaksud mengabaikan Al-Qur’an dalam ayat ini?

Yang dimaksud mengabaikan Al-Qur’an antara lain :

1. Mereka adalah orang-orang yang tidak mengimani Al-Qur’an. Atau mereka beriman tapi jarang menyentuh dan membaca Al-Qur’an.

2. Mereka adalah orang yang tidak merenungkan dan memahami isi Al-Qur’an sementara ia mampu untuk melakukan hal itu.

3 Mereka yang tidak mempedulikan perintah dan larangan didalamnya.

4. Memilih buku petunjuk lain sementara ia memiliki Al-Qur’an.

Maka luangkan waktu, duduklah sejenak, renungi setiap petunjuk didalam Al-Qur’an. Karena kesuksesan hidupmu bergantung dengan seberapa erat engkau berpegang dengannya.

Semoga kita tidak tergolong dari mereka yang mengabaikan Al-Qur’an hingga Rasulullah saw mengeluhkan mereka kepada Allah swt.

Komentar

Comments 1

  1. Anonim says:

    Allohummarhamni bilqur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 128 pelanggan lain