Ramadhan Bulan Doa !

Ramadhan Bulan Doa !

khazanahalquran.com – Bulan suci Ramadhan sangat erat dengan bulan untuk berdoa dan bulan dikabulkannya doa.

Bila kita perhatikan tema mengenai puasa dalam surat Al-Baqarah dimulai pada ayat 183 sampai ayat 187. Sementara pada ayat 186 Allah swt berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِي وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS.Al-Baqarah:186)

Ayat mengenai doa diletakkan ditengah-tengah pembahasan mengenai puasa. Hal ini adalah isyarat bahwa berdoa dalam kondisi berpuasa di bulan Ramadhan maupun di malam-malamnya yang mulai lebih mustajab dan lebih cepat dikabulkan oleh Allah swt.

Karena itu hendaklah kita jadikan bulan ini sebagai bulan memperbanyak doa kepada Allah swt. Dan nantikan ijabah dari doa-doamu di hari-hari yang mulia ini !

Bukankah doa adalah inti dari ibadah?

Rasulullah saw bersabda,

الدُّعَاء مُخُّ العِبَادَة

“Doa adalah inti dari ibadah.”

Bahkan Al-Qur’an menyebut orang yang enggan berdoa sebagai orang yang paling congkak dan sombong dihadapan Allah swt. Karena orang yang dicintai oleh Allah adalah seorang hamba yang selalu berdoa dan memohon kepada-Nya.

Ketika berdoa kita sedang menampakkan kehinaan dan kelemahan kita dihadapan Allah swt. Kita tidak akan memiliki apa-apa tanpa pemberian dari-Nya.

Maka manfaatkanlah hari-hari di bulan suci ini untuk berdoa dan berdoa.

Selipkan doa ditengah bacaan Al-Qur’an mu..

Selipkan doa ditengah solawat kepada Nabimu dan keluarga sucinya..

Selipkan doa dalam sedekahmu..

Selipkan doa ketika berbuka dan sahur..

Selipkan doa di waktu-waktu malammu..

Jangan biarkan detik-detik yang agung di bulan suci ini berlalu tanpa lantunan doa !

Di saat engkau mampu menyenangkan keluarga, membahagiakan orang tua atau berbagi kesenangan kepada orang lain di bulan suci ini, selipkan doamu ditengah momen mulia ini karena Allah akan menerima semua doa di bulan yang suci ini.

Semoga Allah memberi taufik kepada kita untuk dapat memperbanyak doa di bulan ini dan semoga doa-doa kita dikabulkan oleh Allah swt dengan berkah Ramadhan.

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 177 pelanggan lain