Rahasia Dibalik Ayat-Ayat Terakhir dari Surat Al-Hasyr

khazanahalquran.com – Ayat-ayat terakhir dari surat Al-Hasyr adalah ayat yang mencakup bagian terpenting dari nama-nama Allah. Ayat ini begitu agung dan memiliki keunikan tersendiri dibanding ayat-ayat lainnya. Selain itu tersimpan rahasia dan pelajaran besar didalam ayat ini.

Allah swt berfirman,

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS.al-Hasyr:24)

Jika kita ingin dekat dengan Allah dan mengharapkan kemuliaan dan kesempurnaan diri maka seraplah cahaya dari sifat-sifat Allah dalam ayat ini. Karena cahaya itulah yang akan menerangi dhohir dan batin kita.

Dalam sebagian riwayat, yang dimaksud “Ismullahil A’dzam” (nama-nama Allah yang paling agung) adalah ayat-ayat terakhir dari surat al-Hasyr ini.

Di waktu yang lain, Rasulullah saw bersabda,

مَنْ قَرَأَ آخِرَ الْحَشْر غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

“Barangsiapa yang membaca akhir dari Surat Hasyr, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.”

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw tentang apa yang dimaksud Ismullahil A’dzom, beliau pun menjawab :

عَلَيْكَ بِآخِرِ الْحَشْر وَأَكْثِرْ قِرَاءَتَهَا

“Hendaknya engkau (membaca) akhir dari surat Al-Hasyr dan perbanyaklah membacanya.”

Bahkan dalam hadist lain disebutkan bahwa ayat ini adalah obat bagi segala penyakit kecuali kematian.

Tentu masih banyak lagi riwayat yang menjelaskan keagungan ayat-ayat terakhir dari surat Al-Hasyr. Namun paling tidak dengan beberapa keterangan ini dapat memberi manfaat bagi kita untuk memuliakan dan memanfaatkan dengan baik ayat tersebut.

Semoga bermanfaat…

Komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY