Pergilah Berwisata Untuk Memperkuat Keimanan !

Pergilah Berwisata Untuk Memperkuat Keimanan !

khazanahalquran.com – Dalam beberapa ayat Al-Qur’an seringkali Allah mengajak kita untuk menyaksikan apa yang terjadi pada umat terdahulu. Melihat peninggalan-peninggalan yang tersisa dan juga melihat keindahan alam dan ciptaan-Nya. Kita diajak untuk merenungkan semua ini agar mengingatkan kita kepada Allah, Sang Pemberi Nikmat dan yang mencabut segala kenikmatan.

Karena itu Al-Qur’an mengajak kita untuk berwisata dan berekreasi menuju tempat-tempat tersebut untuk mengambil pelajaran.

Tempat dan waktu adalah wahana terbaik untuk mencari ilmu dan pengalaman. Bukankah Allah swt berfirman,

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۖ فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

“Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar?

Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” (QS.Al-Hajj:46)

Ayat ini ingin menjelaskan bahwa traveling, wisata atau perjalanan yang positif adalah termasuk dari anjuran-anjuran Al-Qur’an.

Karena dengan mendatangi dan melihat tempat-tempat yang baru akan menambah pengalaman, pengetahuan dan keimanan kita kepada Allah.

Berwisata yang positif mendorong akal kita untuk berpikir, mengajak hati kita untuk lebih peka, mengarahkan telinga kita agar lebih mendengar dan menyadarkan mata kita agar mampu melihat keagungan-Nya.

Karena akal, pendengaran dan penghilatan kita adalah alat yang telah Allah sediakan untuk dapat mengenal-Nya.

Namun, akhir ayat ini memberi pesan bahwa buta mata tidak seburuk kebutaan hati. Butanya mata masih bisa dibimbing, namun butanya hati bisa menutup semua pintu hidayah dan petunjuk. Seseorang yang hatinya telah buta akan selalu berjalan menuju kesengsaraan dan kebinasaan.

Semoga bermanfaat. .

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain