Perbuatan-Perbuatan Yang Memancing Siksaan Allah

Perbuatan-Perbuatan Yang Memancing Siksaan Allah

khazanahalquran.com – Dalam Al-Qur’an sering diceritakan tentang perbuatan-perbuatan keji yang memancing siksaan Allah swt. Perbuatan-perbuatan itu harus kita kenali agar kita tidak tertimpa bencana atau siksaan Allah swt.

1. Sombong.

وَكَمۡ أَهۡلَكۡنَا مِن قَرۡيَةِۭ بَطِرَتۡ مَعِيشَتَهَا

“Dan betapa banyak (penduduk) negeri yang sudah bersenang-senang dalam kehidupannya yang telah Kami binasakan.” (QS.Al-Qashash:58)

Kesombongan seseorang adalah hijab yang menutupi matanya dari kebenaran dan kebaikan. Karena itu sifat sombong selalu bergandengan dengan perbuatan keji dan durjana.

2. Kedzaliman.

وَلَقَدۡ أَهۡلَكۡنَا ٱلۡقُرُونَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَمَّا ظَلَمُواْ

“Dan sungguh, Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat zhalim.” (QS.Yunus:13)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang menyebutkan penyebab turunnya siksaan adalah perbuatan dzalim.

3. Melanggar ketentuan Allah.

فَهَلۡ يُهۡلَكُ إِلَّا ٱلۡقَوۡمُ ٱلۡفَٰسِقُونَ

“Maka tidak ada yang dibinasakan kecuali kaum yang fasik (tidak taat kepada Allah).” (QS.Al-Ahqaf:35)

Dalam ayat lain disebutkan,

وَإِذَآ أَرَدۡنَآ أَن نُّهۡلِكَ قَرۡيَةً أَمَرۡنَا مُتۡرَفِيهَا فَفَسَقُواْ فِيهَا فَحَقَّ عَلَيۡهَا ٱلۡقَوۡلُ فَدَمَّرۡنَٰهَا تَدۡمِيرٗا

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang yang hidup mewah di negeri itu (agar menaati Allah), tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan di dalam (negeri) itu, maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan (hukuman Kami), kemudian Kami binasakan sama sekali (negeri itu).” (QS.Al-Isra’:16)

4. Tidak menghiraukan nasihat dari utusan Allah atau yang meneruskan tugas mereka.

Allah swt berfirman,

فَكَذَّبُوهُ فَأَهۡلَكۡنَٰهُمۡ

“Maka mereka mendustakannya (Hud), lalu Kami binasakan mereka.” (QS.Asy-Syu’ara:139)

Dalam ayat lain disebutkan ketika siksaan itu telah datang, Allah swt menyebutkan penyebab turunnya siksaan itu adalah :

وَلَٰكِن لَّا تُحِبُّونَ ٱلنَّٰصِحِينَ

“Tetapi kamu tidak menyukai orang yang memberi nasihat.” (QS.Al-A’raf:79)

5. Mengikuti penguasa dzalim.

Penguasa dzalim selalu menggiring umat menuju kerusakan. Mengikuti penguasa dzalim akan membuat seseorang menjadi buta dan tidak bisa berbuat apa-apa. Ia tidak bisa menahan kekejian yang dilakukan sang penguasa dan cenderung akan selalu menyetujui keputusan-keputusan dzalimnya.

إِنَّ ٱلۡمُلُوكَ إِذَا دَخَلُواْ قَرۡيَةً أَفۡسَدُوهَا وَجَعَلُوٓاْ أَعِزَّةَ أَهۡلِهَآ أَذِلَّةٗۚ وَكَذَٰلِكَ يَفۡعَلُونَ

“Sesungguhnya raja-raja apabila menaklukkan suatu negeri, mereka tentu membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina; dan demikian yang akan mereka perbuat.” (QS.An-Naml:34)

Itulah beberapa hal yang memancing siksaan Allah dalam Al-Qur’an. Marilah kita kenali dan kita jaga diri serta keluarga kita dari hal-hal ini.

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 177 pelanggan lain