Perbedaan adalah Tanda Kekuasaan Allah !

Khazanahalquran.com – Salah satu tanda kebesaran Allah adalah penciptaan langit dan bumi dan perbedaan bahasa serta warna kulit. Jika perbedaan adalah tanda kekuasaannya, lantas kenapa banyak orang yang anti perbedaan?

Mari kita simak ayat berikut ini,

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّلْعَالِمِينَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.” (QS.ar-Rum:22)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Penciptaan langit dan bumi adalah tanda Kekuasaan Allah yang tak terhingga. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi.”

2. Perbedaan etnis dan bahasa adalah salah satu jalan untuk mengenal Allah swt. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)… perbedaan bahasamu dan warna kulitmu.”

3. Setiap bahasa memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Tidak ada yang berhak merendahkan suatu ras atau bahasa tertentu. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)… perbedaan bahasamu dan warna kulitmu.”

4. Seorang yang berilmu melihat perbedaan bahasa dan warna kulit sebagai jalan untuk mengenal Allah swt. Sementara orang yang bodoh melihat perbedaan ini sebagai jalan untuk membanggakan dirinya dan merendahkan orang lain. “Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.”

Semoga ayat ini menggugah hati kita untuk melihat perbedaan sebagai keindahan dan tidak lagi memandang orang lain dengan sebelah mata. Karena semua perbedaan itu adalah tanda Kekuasaan-Nya. Siapapun yang tidak menerima perbedaan maka ia telah melawan hukum Allah dimuka bumi ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain