Pembela Kedzaliman hanya Hadir di Masa Jaya !

khazanahalquran.com – فَخَسَفْنَا بِهِ وَبِدَارِهِ الْأَرْضَ فَمَا كَانَ لَهُ مِنْ فِئَةٍ يَنْصُرُونَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُنْتَصِرِينَ

“Maka Kami benamkan dia (Qarun) bersama rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah, dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri.” (QS.Al-Qashash:81)

Para pembela penguasa dzalim begitu banyak dikala makmur dan berkuasa. Karena mereka adalah para penjilat yang berkepentingan untuk meraup manfaat sebanyak-banyaknya. Namun di masa susah dan kritis, mereka seakan tidak mengenal satu sama lain.

Tidakkah kita melihat Qarun dengan kehebatan dan kekayaannya yang melimpah, tapi tidak ada satupun yang dapat menolongnya walau hanya dengan satu kalimat ketika adzab turun kepadanya.

Nasib akhir dari Qarun dan Fir’aun adalah pelajaran bagi orang-orang dzalim, sombong dan para diktator di setiap zaman. Ketika adzab Allah telah datang, tidak ada kekuatan di bumi dan langit yang mampu menahannya.

وَلَا يُرَدُّ بَأْسُنَا عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ

“Dan siksa Kami tidak dapat ditolak dari orang yang berdosa.” (QS.Yusuf:110)
Karena itu hendaknya jangan sampai kita berbangga dengan harta hingga melampaui batas.

Jangan sampai kita congkak dengan jabatan hingga berbuat dzalim.

Ingatlah selalu firman Allah,

إِنَّ رَبَّكَ لَبِالْمِرْصَادِ

“Sungguh, Tuhanmu benar-benar mengawasi.” (QS.Al-Fajr:14)

Semoga Ramadhan ini dapat melatih diri kita untuk melawan ego dan kesombongan diri.

Komentar

LEAVE A REPLY