Obat Yang Paling Manjur

Obat Yang Paling Manjur

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُم مَّوۡعِظَةٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٞ لِّمَا فِي ٱلصُّدُورِ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS.Yunus:57)

Dalam ayat ini Allah swt ingin mengabarkan kepada seluruh manusia bahwa telah datang Kitab Petunjuk yang menyandang empat sifat yang dahsyat. Dan uniknya, keempat sifat ini saling berkaitan satu sama lainnya.

Pertama Allah swt menyebutkan bahwa Kitab ini adalah Mauidhoh (nasehat/petunjuk) dari Sang Pencipta untuk hamba-Nya.

Kedua apabila engkau telah mampu menyerap dan menerima petunjuk Ilahi kemudian merasakan pengaruhnya dalam hati, maka engkau akan merasakan sifat kedua dari Kitab suci ini yaitu Syifa’ (penyembuh).

Petunjuk yang engkau terima dalam hatimu akan membawa obat bagi segala penyakit hati. Obat dari keraguan, kesombongan, kemunafikan dan lain sebagainya.

Ketiga apabila hatimu telah terobati oleh Al-Qur’an maka terwujudlah sifat yang ketiga yaitu datangnya hidayah dan cahaya dari Allah swt yang menerangi hatimu. Inilah yang paling diharapkan oleh seorang hamba, hati yang diliputi cahaya hidayah dari Allah swt sehingga ia tidak lagi terseret dalam kesesatan.

Keempat setelah engkau menyerap petunjuk Al-Qur’an, kemudian hatimu terobati olehnya dan datanglah cahaya hidayah maka disinilah rahmat Allah akan tercurah kepadamu. Dan rahmat yang spesial ini tidak akan diraih kecuali oleh seorang mukmin yang sejati.

وَإِنَّهُۥ لَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

“Dan sungguh, (Al-Qur’an) itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS.An-Naml:77)

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 187 pelanggan lain