Merasa Belum Cukup Beriman Akan Menguatkan Keimanan Itu Sendiri !

Merasa Belum Cukup Beriman Akan Menguatkan Keimanan Itu Sendiri !

khazanahalquran.com – Tidak cukup dengan memeluk Islam dan menyatakan keimanan, lalu kita merasa telah aman dan selamat. Sementara telah kita saksikan berapa banyak orang-orang yang beriman kemudian berpaling dari keimanan.

Berapa banyak orang yang bahkan sebelumnya berjuang demi kebenaran namun pada akhirnya menyimpang dari kebenaran itu sendiri.

Karena itu kita perlu berupaya untuk menjaga dan memperkuat keimanan agar kita tidak berpaling dari kebenaran itu hingga akhir hayat.

Lalu apa yang bisa membantu kita untuk tetap bertahan dalam keimanan ini?

Salah satunya adalah dengan memelihara rasa takut dan tidak pernah merasa aman. Karena apabila kita belum merasa aman dan selamat maka kita akan selalu berhati-hati dan waspada agar tidak jatuh dan berpaling. Selain itu kita juga terdorong untuk memohon pertolongan dari Allah dengan memperbanyak doa.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” (QS.Ali ‘Imran:8)

Kedua, kita harus mawas diri dan benar-benar memperhatikan perintah dan larangan Allah swt. Karena Allah selalu mengingatkan dalam firman-Nya,

وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُوا مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا

“Dan sekiranya mereka benar-benar melaksanakan perintah yang diberikan, niscaya itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka).” (QS.An-Nisa’:66)

Dalam ayat lain Allah berfirman,

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ ۚ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zhalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS.Ibrahim:27)

Maka perbanyaklah membaca doa berikut ini :

اللهُمَّ ثَبِّتني عَلى دينِكَ ما أحيَيتَني، وَلا تُزِغ قَلبي بَعدَ إذ هَدَيتَني، وَهَب لي مِن لَدُنكَ رَحمَةً إنَّكَ أنتَ الوَهّابُ

“Ya Allah teguhkan aku diatas agamamu selama aku hidup. Dan janganlah engkah palingkan hatiku setelah kau beri hidayah. Dan anugerahkanlah rahmat dari sisi-Mu. Sungguh Engkau Maha Memberi.”

Semoga Allah menjaga keimanan kita hingga akhir hayat.

Komentar

Comments 1

  1. Sunardi says:

    Bismilahirrohmanirrhim.,assalamualaikum warahmatuwllohi wa barokatu ,semoga guru/ kita semua mendapat Rahmat dan Kasih SayangNya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain