Menjalani Agama Hanya Sesuai Keinginan Saja !

Menjalani Agama Hanya Sesuai Keinginan Saja !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

‎ۗ أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لَا تَهْوَىٰ أَنفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ

“Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu sombong; maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?” (QS.al-Baqarah:87)

Ayat ini bercerita tentang Yahudi Bani Israil yang menolak kebenaran yang dibawa oleh para nabi ketika hal itu tidak sesuai dengan keinginan dan hawa nafsu mereka. Mereka menampakkan kesombongan dengan mendustakan sebagian nabi dan membunuh sebagian lainnya.

Ayat ini ingin menyadarkan kita bahwa banyak orang menjadikan hawa nafsu sebagai tolok ukur kebenaran. Bila tidak sesuai dengan keinginan mereka, maka sejelas apapun kebenaran yang datang akan mereka tolak. Karena ketika hawa nafsu seseorang mengalahkan akalnya maka ia akan selalu mengikuti kebatilan.

Penyakit ini tidak hanya tumbuh dalam tubuh Bani Israil. Penyakit ini juga tumbuh subur ditengah umat Muhammad saw. Yakni ketika seseorang mengikuti agama sesuai keinginannya saja. Yang cocok dengan hawa nafsunya akan ia terima dan yang tidak cocok akan ia tolak.

Mereka yang menerima agama sesuai dengan hawa nafsunya saja sebenarnya sedang menyembah hawa nafsu dan tidak menyembah Allah, Sang Pemilik Agama.

Maka poin terpenting dari ayat ini adalah :

Ketika kita ingin berpegang pada kebenaran, maka tundukkan hawa nafsu terlebih dahulu. Jangan jadikan hawa nafsu iita sebagai tolok ukur kebenaran.

Terima lah kebenaran secara lengkap, bukan sepotong-sepotong yang sesuai dengan keinginan kita saja.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain