Mengupas Pelajaran Berharga dari Ayat Taubat

 

Khazanahalquran.com – Tanda kehidupan manusia adalah masih adanya harapan dalam dirinya. Dengan harapan itu ia terus berusaha untuk berjuang dan bertahan hidup.

Kali ini kita akan mengupas pelajaran-pelajaran berharga dari ayat Allah yang berbunyi,

وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

“Dan Dia-lah yang Menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan Memaafkan kesalahan-kesalahan dan Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS.asy-Syura:25)

Poin :

1. Penerimaan taubat dan pengampunan dosa hanya berada ditangan Allah swt saja. “Dan Dia-lah yang Menerima taubat.”

2. Didalam Islam tidak ada batasan dalam bertaubat, pintu kembali kepada Allah senantiasa terbuka bagi seluruh hamba-Nya. “yang Menerima taubat dari hamba-hamba-Nya

3. Allah akan Mengampuni seluruh dosa jika hamba-Nya benar-benar bertaubat. “dan Memaafkan kesalahan-kesalahan.” (Dalam ayat ini Allah Menggunakan kata as-sayyi’at dengan bentuk jama’ dan didahului dengan alif lam. Bentuk kata ini menunjukkan bahwa Allah akan Mengampuni semua dosa tanpa terkecuali)

4. Allah Ingin Melihat hamba-Nya kembali, karena itulah Dia Menjanjikan ampunan bagi para pendosa. “Dan Dia-lah yang Menerima tobat.. dan Memaafkan kesalahan-kesalahan.

5. Taubat harus disertai dengan usaha untuk berubah. Bukan sekedar ucapan istighfar belaka. Karena jika tidak disertai dengan perubahan, maka taubat itu hanyalah topeng riya’ dan kemunafikan. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang ada dibalik hati setiap hamba-Nya. “dan Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bertaubat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain