Mengapa Hanya Tiga Orang ini yang Disebut Oleh Al-Qur’an?

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan membahas satu ayat yang amat menarik. Sejarah mencatat bahwa banyak orang yang berpaling dan meninggalkan nabi disaat perang tabuk. Namun hanya tiga orang yang disebut oleh Al-Qur’an.

Allah swt berfirman,

وَعَلَى الثَّلَاثَةِ الَّذِينَ خُلِّفُوا حَتَّىٰ إِذَا ضَاقَتْ عَلَيْهِمُ الْأَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ وَضَاقَتْ عَلَيْهِمْ أَنْفُسُهُمْ وَظَنُّوا أَنْ لَا مَلْجَأَ مِنَ اللَّهِ إِلَّا إِلَيْهِ ثُمَّ تَابَ عَلَيْهِمْ لِيَتُوبُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

“Dan terhadap tiga orang yang ditangguhkan (penerimaan taubat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa merekapun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam taubatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS.at-Taubah:118)

Berapa banyak yang berpaling dan meninggalkan nabi?

Tentu banyak orang, namun mengapa ayat ini hanya fokus terhadap tiga orang saja?

Karena hati dari ketiga orang ini bergejolak dahsyat disebabkan dosa-dosa mereka. Dan mereka pun begitu gelisah dan menyesal karena telah berpaling.

Sementara orang-orang munafik tidak peduli dengan dosa-dosa yang telah mereka lakukan. Karena itu Allah pun tidak memperdulikan mereka.

Allah berfirman,

نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ

“Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka.” (QS.at-Taubah:67)

Rasulullah saw bersabda,

“Orang mukmin melihat dosanya seperti gunung diatasnya dan dia takut akan menimpanya. Sementara orang munafiq melihat dosanya seperti lalat yang lewat didepan hidungnya lalu ia mengusirnya.”

Jika kita merasakan sakit dan gelisah atas dosa-dosa maka didalam hati kita masih ada iman kepada Allah, maka segeralah bertaubat.

Namun jika tidak, berhati-hatilah ! Jangan-jangan kita termasuk orang yang melupakan Allah dan dilupakan oleh-Nya.

Komentar

LEAVE A REPLY