Mengapa Allah Meminta Kita untuk Bergegas?

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ

“Maka berlari lah (bergegas lah) menuju kepada Allah.” (QS.Adz-Dzariyat:50)

Ayat ini menyimpan pesan yang begitu dalam untuk kita renungkan. Seakan Allah mengajak kita untuk cepat-cepat berpindah dari suatu tempat ke tempat yang baru. Dari satu lingkungan kepada lingkungan yang baru. Dari satu keadaan pada keadaan yang baru.

Sebenarnya ada apa dibalik tempat kita sekarang sehingga kita diajak untuk bergegas pindah? Apa yang telah disiapkan di tempat baru itu, hingga kita diperintahkan untuk berusaha dan bergegas meraihnya?

Kita diajak berlari dari apa yang Allah benci menuju apa yang Dia senangi, dari kebodohan menuju ilmu, dari hawa nafsu menuju takwa dan dari keraguan menuju yakin. Barang siapa yang benar arah berlarinya menuju Allah maka dia akan menemukan tempat yang tepat disisi-Nya.

وَعَجِلْتُ إِلَيْكَ رَبِّ لِتَرْضَىٰ

“Dan aku bersegera kepada-Mu, Ya Tuhanku, agar Engkau ridha (kepadaku).” (QS.Tha-Ha:84)

Coba perhatikan…

Orang yang sedang takut pasti akan lari dari apa yang ia takuti, kecuali orang-orang mukmin ! Mereka takut kepada Allah tapi tak pernah lari dari-Nya. Semakin besar rasa takut itu, semakin cepat pula ia berlari menuju Allah swt.

Karena hanyalah Allah yang memiliki tempat yang paling aman, kasih sayang yang paling luas dan kemuliaan yang paling tinggi.

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (QS.Al-An’am:82)

Seruan untuk bergegas menuju kepada Allah ini untuk menyadarkan manusia bahwa kehidupan dunia ini fana’ dan akan segera berakhir. Karena itu kita harus segera berpindah dari sesuatu yang fana’ menuju tempat yang abadi.

Waktu kita terbatas, maka bergegaslah untuk berlomba menyiapkan tempat terbaik di rumah abadi kita. Berlomba lah meraih kemuliaan tertinggi di sisi-Nya. Karena sebesar apapun penyesalan tak akan berarti jika kesempatan kita telah berakhir.

Selain kata فَفِرُّوا (berlari-lah) pada ayat diatas, Allah menggunakan beberapa kalimat lain seperti,

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ …

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu… (QS.Ali ‘Imran:133)

سَابِقُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ

“Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu…” (QS.Al-Hadid:21)

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ

“Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan….” (QS.Al-Baqarah:148)

Semua kalimat ini mengajak kita untuk bergegas dan berlomba menuju kepada Allah swt.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY