Melihat Keagungan Baginda Nabi dalam Al-Qur’an

Melihat Keagungan Baginda Nabi dalam Al-Qur’an

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan mengutip 5 ayat yang menggambarkan keagungan Baginda Nabi Muhammad saw dalam Al-Qur’an. Dan tentu kita yakini masih banyak lagi keagungan-keagungan yang tersimpan didalamnya.

1. Allah mengambil sumpah dari seluruh Nabi untuk beriman kepada Nabi Muhammad dan membela beliau serta menyampaikan kepada umat mereka masing-masing untuk mengimani Nabi terakhir ini.

وَإِذْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُمْ مِنْ كِتَابٍ وَحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ وَلَتَنْصُرُنَّهُ ۚ

Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.” (QS.Ali ‘Imran:81)

2. Allah swt menyebut secara rinci sifat-sifat Nabi Muhammad saw dalam kitab para Nabi terdahulu. Sehingga seluruh Nabi mengenal secara detail keagungan Nabi terakhir ini. Begitujuga mereka yang membaca kitab-kitab para nabi itu.

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَاءَهُمْ

“Orang-orang yang telah Kami beri Kitab (Taurat dan Injil) mengenalnya (Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri.” (QS.Al-Baqarah:146)

3. Allah swt menjadikan Nabi Muhammad saw sebagai penutup para Nabi.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi.” (QS.Al-Ahzab:40)

4. Allah swt mengutus Nabi-Nabi terdahulu pada umat dan wilayahnya masing-masing. Namun Allah swt mengutus Nabi Muhammad saw untuk seluruh umat manusia. Risalah suci beliau untuk seluruh bangsa hingga hari kiamat.

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan.” (QS.Saba’:28)

5. Allah swt menyanjung tinggi nama Baginda Nabi saw. Sehingga tidak disebut Nama Allah kecuali disebut nama Rasulullah saw.

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

“Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.” (QS.Al-Insyirah:4)

Inilah sebagian keagungan dan kemuliaan yang dimiliki oleh Baginda Nabi Muhammad saw.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 191 pelanggan lain