Khazanahalquran.com – Manusia dan alam semesta adalah mukjizat tuhan yang tak terbatas. Setiap hari para penemu menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Dan masih banyak lagi keajaiban demi keajaiban yang belum tersentuh oleh manusia.

Karena itu sejak awal Allah mengajak kita untuk selalu memperhatikan alam semesta dan uniknya tubuh manusia. Karena semakin kita tau maka semakin tampak keagungan dan kebesaran Allah.

وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِلْمُوقِنِينَ – وَفِي أَنْفُسِكُمْ أَفَلَا تُبْصِرُون

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (QS.adz-Dzariyat:20-21)

Jika sedikit saja manusia mau merenung, dia akan temukan dibalik semua kehebatan ini ada Sang Pencipta yang begitu hebat dan luar biasa. Karena seorang yang berilmu akan lebih mudah menemukan Allah.

سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَق

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, *hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar.”* (QS.Fussilat:53)

Ayat-ayat ini mengajak manusia untuk mendalami ilmu-ilmu pengetahuan. Bagaimana ia akan memandang kebesaran alam jika ia tak memiliki ilmu tentangnya? Bagaimana ia akan memahami ajaibnya tubuh manusia jika ia tidak mempelajari ilmu tentang tubuh?

Disinilah Islam mengajak manusia untuk tidak hanya mempelajari ilmu agama. Pelajari ilmu fisika, kimia, geologi, kedokteran dan ilmu-ilmu lainnya karena semua ilmu itu akan mengantarkan kita pada keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ilmu pengetahuan dapat mengantarkan seseorang untuk memiliki keyakinan dan keimanan yang tinggi. Karena keajaiban penciptaan ini telah terbukti didepan matanya.

Maka jangan heran jika banyak ilmuwan yang masuk islam dan memiliki iman yang tinggi karena penemuannya telah disebutkan sejak lama didalam Al-Qur’an.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY