Makna “Jangan Lupakan Dunia” Menurut Imam Ali

 

Khazanahalquran.com – Al-Qur’an tidak hanya mengajak manusia untuk memperhatikan urusan akhiratnya saja. Allah juga Mengajarkan agar manusia tidak melupakan kehidupannya di dunia. Seperti dalam Firman-Nya,

وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا

“Dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (urusan) duniawi” (QS.Al-Qashas:77)

Namun penggalan ayat ini memiliki makna yang lebih jauh menurut Imam Ali bin Abi tholib. Ketika menafsirkan ayat ini, beliau menjelaskan :

“Jangan engkau lupakan (sia-siakan) masa sehatmu, masa kuatmu, masa luangmu, masa mudamu dan semangatmu untuk mencari akhirat dengan itu semua.”

 

Ya, jangan pernah lupakan urusan dunia kita, silahkan nikmati segala kenikmatan yang telah Allah limpahkan kepada kita. Namun ingat, jadikan semua anugerah itu sebagai alat untuk memuluskan jalan kita menuju akhirat. Jadikan semua fasilitas itu sebagai faktor pendukung kita untuk meraih keridhoan Allah swt.

Menikmati dunia harus disertai dengan niatan mencari akhirat. Mencari dunia tanpa mengingat akhirat hanya akan menjerumuskan manusia dalam jurang kehancuran. Memisahkan akhirat dengan dunia juga akan mengantarkan manusia menuju kebinasaan.

Dunia ini hanyalah jembatan, jangan menjadikannya sebagai tujuan. Karena pada akhirnya hanya ada dua pilihan, meninggalkan dunia atau ditinggalkan dunia.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain