Makanan Haram Merusak Agamamu !

Makanan Haram Merusak Agamamu !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS.Al-Baqarah:172)

Dalam Al-Qur’an, makanan sangat erat kaitannya dengan amal perbuatan manusia.

Pada ayat diatas Allah mendahulukan masalah makan sebelum perintah untuk syukur (yang termasuk sebagai amal sholeh). Sebagaimana dalam ayat lain Allah swt mendahulukan perintah untuk makan makanan yang baik sebelum perintah melakukan amal kebaikan.

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا ۖ إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Allah berfirman, “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al-Mu’minun:51)

Ayat ini adalah sebuah penegasan bahwa amal yang kau lakukan adalah buah dari makanan yang kau makan. Karena makanan yang baik akan memberi efek positif pada hati dan tubuh manusia dan efeknya juga memperbaiki amal perbuatan orang tersebut.

Begitupula dengan makanan yang haram atau tidak baik. Makanan yang masuk dalam tubuh akan mempengaruhi hati dan badan sehingga terdorong untuk melakukan amal yang buruk.

Allah swt berfirman,

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ إِلَىٰ طَعَامِهِ

“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.” (QS ‘Abasa:24)

Rasulullah saw juga pernah memperingatkan dalam sabdanya,

كُلُّ لَحْمٍ نَبَتَ مِنَ الحَرامِ فالنّار أَوْلَى بِهِ

“Setiap daging yang tumbuh dari hal-hal yang haram maka neraka lebih layak baginya.”

Karena makanan haram itu mendorong manusia untuk melakukan sesuatu yang mendekatkannya ke neraka.

Sebagaimana Ashabul Kahfi memberi pelajaran dahsyat pada kita bahwa dalam kondisi yang tersulit mereka masih berusaha mencari makanan yang baik dan halal.

فَابْعَثُوا أَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنْظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ مِنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

“Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, dan bawalah sebagian makanan itu untukmu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan jangan sekali-kali menceritakan halmu kepada siapa pun.” (QS.Al-Kahfi:19)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Comments 1

  1. Hamboro joko says:

    Bagus , trmksh menambah wawasan ilmu setiap harinya , trmksh 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain