Mahalnya Rasa Aman di Dunia…

Mahalnya Rasa Aman di Dunia…

Khazanahalquran.com – Dalam Surat Saba’, Allah mensifati tempat tinggal para penghuni surga dalam firman-Nya,

وَهُمْ فِي الْغُرُفَاتِ آمِنُونَ

“Dan mereka berada di tempat-tempat (kamar-kamar) yang tinggi dengan aman sentosa.” (QS.Saba’:37)

Kata “aman sentosa” adalah ungkapan yang sangat indah bagi para penghuni surga. Sebuah kenikmatan yang melengkapi seluruh kenikmatan didalamnya. Sebuah anugerah yang mencakup ketentraman jiwa dan raga penghuninya.

Tidak ada rasa takut, rasa sakit dan hal-hal yang menggelisahkan mereka. Yang ada hanyalah ketentraman. Karena tidak ada kenikmatan yang lebih mahal dari rasa aman, sebagaimana tidak ada cobaan yang lebih dahsyat dari hilangnya rasa aman itu.

Karena itu pula, rasa aman lebih didahulukan dari mencari harta dan makanan. Karena tanpa rasa aman, tidak akan terasa nikmatnya makan, nikmatnya tidur dan seluruh kenikmatan tidak akan berarti apapun.

Karenanya Allah berfirman dalam ayat lain,

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ * الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ

“Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.” (QS.Quraisy:3-4)

Tak cukup memberi makanan, tapi juga memberi rasa aman. Begitupula dalam doa Nabi Ibrahim as untuk penduduk Mekah. Beliau mendoakan keamanan untuk mereka sebelum rezeki,

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya ” (QS.al-Baqarah:126)

Dan pada akhirnya, tidak ada cobaan yang lebih dahsyat dari dicabutnya rasa aman dari diri kita.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan..” (QS.al-Baqarah:155)

Mari kita selalu meminta rasa aman dari segala kejahatan yang ingin menyentuh diri kita. Dan tak lupa untuk bersyukur atas rasa aman yang telah kita rasakan selama ini.

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain