Kenali Tipu Daya Musuh !

Kenali Tipu Daya Musuh !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَكَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ وَلِتَسْتَبِينَ سَبِيلُ الْمُجْرِمِينَ

“Dan demikianlah Kami terangkan ayat-ayat Al-Qur’an, (agar terlihat jelas jalan orang-orang yang shalih) dan agar terlihat jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa.” (QS.Al-An’am:55)

Seorang mukmin sejati itu penuh dengan pengalaman dan memiliki pandangan yang tajam. Ia tidak mudah diombang-ambingkan oleh tipuan dan pengaruh yang menyesatkan.

Banyak orang mencari jalan kebaikan tanpa berusaha mengenali jalan keburukan. Hudaifah pernah berkata,

“Orang-orang bertanya kepada Rasulullah saw tentang kebaikan, sementara aku bertanya tentang keburukan karena takut akan menimpa diriku.”

Ayat-ayat Al-Qur’an tidak hanya menjelaskan tentang jalan kebenaran dan kebaikan, ayat-ayat ilahi juga menjelaskan tentang jalan keburukan dan pengenalan terhadap musuh.

Ya, mengenal jalan keburukan dan strategi musuh tak kalah pentingnya dengan mengenal jalan kebenaran. Allah telah menjelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an tentang strategi musuh, perbuatan orang-orang durjana dan para pendosa serta tipu daya setan. Semua itu agar kita bisa mengambil persiapan untuk melawan mereka, agar nantinya kita tidak ikut terjerumus mengikuti jalan mereka.

“Dan demikianlah Kami terangkan ayat-ayat Al-Qur’an, (agar terlihat jelas jalan orang-orang yang shalih) dan agar terlihat jelas (pula) jalan orang-orang yang berdosa.”

Musuh orang-orang mukmin adalah mereka yang tidak pernah puas sebelum kita meninggalkan agama kita.

Musuh orang-orang mukmin adalah yang merendahkan harga diri kaum mukminin, menertawakan mereka dan menuduh mereka berada dalam kesesatan.

Musuh kaum mukminin adalah mereka yang tidak ingin melihat orang-orang ber-pasrah diri kepada Allah. Tapi ingin memanfaatkan orang untuk kepentingan dirinya. Karenanya mereka selalu melawan kebenaran dan kebaikan.

Karena itu kita harus melawan keburukan dalam diri kita terlebih dahulu, kemudian mengenali tipu daya setan dan mempelajari strateginya dalam mengahancurkan anak Adam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain