Keluargamu adalah Tanggung Jawabmu !

Keluargamu adalah Tanggung Jawabmu !

khazanahalquran.com – Islam adalah paket lengkap bimbingan kehidupan dari semua sisinya. Keluarga dan rumah tangga adalah salah satu sisi kehidupan yang mendapat perhatian khusus dari agama suci ini.

Setiap anggota rumah tangga memiliki hak dan kewajiban yang telah diatur secara detail oleh syariat. Namun tetaplah tanggung jawab terberat ada ditangan kepala rumah tangga.

Seorang kepala rumah tangga tidak hanya dituntut untuk mencukupi keluarganya dalam urusan duniawi, lebih dari itu ia mengemban tugas yang lebih luas.

Kepala rumah tangga adalah masinis yang harus selalu mengawasi gerbongnya agar tidak keluar dari rel agama. Ia tidak hanya dituntut untuk memenuhi sandang, pangan dan papan, namun kepala rumah tangga juga dituntut untuk memikirkan masa depan akhirat keluarganya.

Allah swt berfirman,

قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

“Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS.At-Tahrim:6)

Bohong ketika seorang kepala rumah tangga mengaku cinta kepada keluarganya tapi ia acuh terhadap keselamatan keluarganya di akhirat. Bukti cinta yang sebenarnya adalah berusaha mencukupi kebutuhan mereka di dunia dan terus mengawal satu demi satu dari anggota keluarganya untuk sampai pada kebahagiaan dan keselamatan di akhirat.

Ketika Allah menceritakan tentang Nabi Ismail as, dalam ayat-Nya disebutkan,

وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالصَّلَاةِ

“Dan dia menyuruh keluarganya untuk (melaksanakan) shalat.” (QS.Maryam:55)

Urusan solat adalah hal pertama yang harus dijaga dan kepala rumah tangga memilki tanggung jawab yang paling besar untuk menjaga hal tersebut. Jangan abai terhadap agama istri dan anak-anak kita.

Mungkin kita begitu bersemangat memperhatikan kemajuan dan prestasi anak-anak kita di sekolah, tapi sudahkah kita memperhatikan perkembangan agama mereka? Bagaimana perhatian mereka terhadap solat? Sejauh apa mereka mulai menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan?

Dalam ayat lain Allah berfirman,

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا

“Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya.” (QS.Tha-Ha:132)

Memang perlu kesabaran untuk selalu mengingatkan mereka untuk solat. Jangan pernah jenuh dan bosan karena solat adalah tiang agama yang menentukan seluruh sisi agama yang lainnya.

Artinya bila solat harus dijaga maka seluruh sisi agama yang lain juga harus dijaga.

Keharmonisan keluarga adalah ketika setiap pasangan berusaha bersama-sama untuk menjaga dunia dan akhirat keluarganya.

Buktikan cintamu dengan memperhatikan nasib keluargamu di akhirat. Boleh saja kita sibuk dengan berbagai urusan tapi jangan abaikan perkara penting ini. Karena ketika hal ini diperhatikan maka semuanya akan menjadi baik.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain