Kebenaran Memiliki Cara Tersendiri untuk Tampil !

Kebenaran Memiliki Cara Tersendiri untuk Tampil !

khazanahalquran.com – Kebenaran harus diperjuangkan. Para nabi pun berjuang menegakkan kebenaran dengan cara yang diperintahkan oleh Allah swt. Namun kebenaran itu memiliki cara tersendiri untuk tampil.

Sebagian orang memandang perlu membela kebenaran dengan menghalalkan segala cara. Mereka membela kebenaran dengan cara yang menyalahi kebenaran itu sendiri.

Padahal kebenaran itu mampu berjalan sendiri untuk mengenalkan dirinya. Allah memiliki cara yang indah untuk mengungkap kebenaran pada waktunya. Walaupun ditutup serapi mungkin, cahaya kebenaran akan menerobos setiap penghalang yang berusaha menutupinya.

Kebenaran memiliki kekuatan untuk tampil dan menampakkan diri. Bahkan terkadang kebenaran terungkap dan tersebar melalui musuh-musuh yang berusaha menutupinya.

Seperti kisah Zulaikha ketika ia pada akhirnya berucap,

قَالَتِ امْرَأَتُ الْعَزِيزِ الْآنَ حَصْحَصَ الْحَقُّ أَنَا رَاوَدْتُهُ عَنْ نَفْسِهِ وَإِنَّهُ لَمِنَ الصَّادِقِينَ

Istri Al-Aziz berkata, “Sekarang jelaslah kebenaran itu, akulah yang menggoda dan merayunya, dan sesungguhnya dia termasuk orang yang benar.” (QS.Yusuf: 51)

Bukankah sebelumnya ia berusaha menyembunyikan kebenaran yang terjadi antara dia dan Yusuf. Bukankah pintu-pintu telah ditutup rapat dan semua rencana telah tersusun rapi. Namun kebenaran tetap terungkap pada waktunya.

Pada kejadian lain Al-Qur’an menceritakan bagaimana kebenaran terungkap dari orang-orang yang merencanakan dengan matang untuk membungkam dan mengubur suara kebenaran. Seperti tukang-tukang sihir Fir’aun yang awalnya bersekongkol dengan Fir’aun untuk mengalahkan Musa as. Mereka berharap imbalan yang besar dari Fir’aun, namun tiba-tiba setelah melihat kebenaran yang dibawa oleh Musa mereka pun berbalik dan meng-imani Musa. Tak hanya itu, tukang-tukang sihir ini bahkan berani menerima resiko apapun atas keimanan mereka.

Begitupula musuh para nabi seringkali ingin menjatuhkan dan mempermalukan nabi dengan mengundang banyak masyarakat namun momen besar tersebut malah menguntungkan kebenaran dan membuat banyak orang beriman.
Kebenaran memiliki cara tersendiri untuk tampil, maka tugas kita hanyalah menyampaikan kebenaran dengan cara yang benar dan santun.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain