Kaum Durjana Selalu Menjadi Musuh Para Nabi

Kaum Durjana Selalu Menjadi Musuh Para Nabi

khazanahalquran.com – Pergolakan antara Haq dan Batil tidak pernah usai. Semenjak Iblis enggan sujud kepada Adam as, semenjak itu pula peperangan antara dua kubu ini dimulai. Di satu sisi banyak kelompok yang menentang kebenaran, menghalangi tersebarnya kebaikan dan merasa risih dengan kalimat-kalimat hidayah dan petunjuk. Dan di sisi lain ada kelompok para nabi yang berjuang untuk tegaknya kebenaran.

Allah swt berfirman,

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ
وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا
“Begitulah, bagi setiap nabi, telah Kami adakan musuh dari orang-orang yang berdosa. Tetapi cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong.” (QS.Al-Furqan:31)

Ayat ini ingin memberi palajaran bahwa :

1. Setiap nabi memiliki musuh dan musuh mereka adalah orang-orang durjana yang suka berbuat dosa.

2. Seakan ayat ini ingin menjelaskan bahwa penyebab dari jauhnya manusia dari kebenaran, bahkan hingga ia tega memerangi kebenaran adalah karena menumpuknya dosa dan pelanggaran yang ia lakukan. Sehingga hati dan pikirannya tertutup, lalu ia pun tidak peduli dengan apa yang ia perangi.

3. Kunci meraih kemenangan dalam melawan musuh adalah dengan mengambil petunjuk dari Allah dan memohon pertolongan darinya. Dua kunci inilah yang menentukan kemenanganmu melawan musuh-musuh Allah.

وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا
“Tetapi cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong.” (QS.Al-Furqan:31)

4. Ayat ini juga ingin menjelaskan agar kita jangan pernah bergantung dan berharap pada selain-Nya. Namun bukan berarti kita tidak berusaha dan bergerak.

Cukuplah Allah sebagai pemberi petunjuk dan penolong kita.

Karena manusia membutuhkan dua hal untuk dapat melawan musuhnya, yaitu petunjuk (yang berbentuk strategi atau semacamnya) dan kekuatan. Dan semua itu ada pada Allah swt, tidak seorang pun yang dapat mengalahkan petunjuk dan kekuatan dari Allah swt.

Jangan pernah gentar dalam menegakkan kebenaran walau sebanyak apapun musuh yang melawanmu, yakinilah bahwa setiap nabi juga memiliki musuh. Tanamkan selalu dalam hatimu bahwa bila engkau bersama Allah maka tidak akan ada kekuataan yang bisa mengalahkanmu !

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain