Kasih Sayang Allah Di Hari Yang Paling Menakutkan

Kasih Sayang Allah Di Hari Yang Paling Menakutkan

khazanahalquran.com – Seringkali Al-Qur’an menceritakan tentang besarnya rahmat dan kasih sayang Allah swt. Segala wujud ini tercipta dan terjadi karena rahmat-Nya. Sungguh rahmat Allah tidak terbatas dan meliputi segala sesuatu. Namun kali ini kita akan mengambil satu sisi dari rahmat Allah yang menarik untuk kita perhatikan.

Ketika berbicara tentang dahsyatnya hari kiamat, pasti kita akan membayangkan suatu hari yang begitu menakutkan. Hari datangnya siksaan bagi orang-orang yang melanggar. Hari yang disebutkan bahwa anak-anak kecil menjadi tua karena menyaksikan dahsyatnya hari itu. Hari yang membuat orang tua tak lagi memperdulikan anaknya, suami tak lagi ingat dengan istrinya bahkan setiap orang sibuk untuk menyelamatkan dirinya masing-masing.

Tapi anehnya, di hari semacam ini Allah tidak menyebut nama-Nya dengan sifat-sifat kebesaran-Nya seperti Al-Jabbar (Maha Perkasa). Namun di hari yang begitu menakutkan ini, Allah tetap menyebut nama-Nya dengan sifat Ar-Rahman (Maha Pengasih).

Mari kita simak ayat-ayat berikut ini,

يَوْمَئِذٍ يَتَّبِعُونَ الدَّاعِيَ لَا عِوَجَ لَهُ ۖ وَخَشَعَتِ الْأَصْوَاتُ لِلرَّحْمَٰنِ فَلَا تَسْمَعُ إِلَّا هَمْسًا

“Pada hari itu mereka mengikuti (panggilan) penyeru (malaikat) tanpa berbelok-belok (membantah); dan semua suara tunduk merendah kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, sehingga yang kamu dengar hanyalah bisik-bisik.” (QS.Tha-Ha:108)

يَوْمَئِذٍ لَا تَنْفَعُ الشَّفَاعَةُ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ الرَّحْمَٰنُ وَرَضِيَ لَهُ قَوْلًا

“Pada hari itu tidak berguna syafaat (pertolongan), kecuali dari orang yang telah diberi izin oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, dan Dia ridhai perkataannya.” (QS.Tha-Ha:109)

الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ لِلرَّحْمَٰنِ ۚ وَكَانَ يَوْمًا عَلَى الْكَافِرِينَ عَسِيرًا

“Kerajaan yang hak pada hari itu adalah milik Tuhan Yang Maha Pengasih. Dan itulah hari yang sulit bagi orang-orang kafir.” (QS.Al-Furqan:26)

يَوْمَ يَقُومُ الرُّوحُ وَالْمَلَائِكَةُ صَفًّا ۖ لَا يَتَكَلَّمُونَ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ الرَّحْمَٰنُ وَقَالَ صَوَابًا

“Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bersaf-saf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pengasih dan dia hanya mengatakan yang benar.” (QS.An-Naba’:38)

Karena itu hai hamba-hamba yang memiliki Tuhan Yang Maha Pengasih, Tuhan yang penuh dengan rahmat dan kasing sayang, jangan pernah lari dari rahmat-Nya. Jangan pernah berputus asa dari kasih sayang-Nya.

Bila engkau merasa jauh dari-Nya, maka segeralah kembali menuju lautan kasih sayang-Nya.

Sahutilah rahmat-Nya…
Terimalah rahmat-Nya…
Syukurilah rahmat-Nya…

Hingga kita berjumpa dengan Ar-Rahman dan memperoleh pahala dari-Nya.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Comments 1

  1. Wafi says:

    Mohon ijin share ya…saudaraku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain