Jangan Sibuk Menghitung Nikmat Orang Lain !

Jangan Sibuk Menghitung Nikmat Orang Lain !

khazanahalquran.com – Berulang kali Allah menekankan untuk mengingat nikmat-nikmatNya. Mulai dari seruan kepada kaum yang beriman dan seruan untuk seluruh manusia.

Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ هَمَّ قَوْمٌ أَنْ يَبْسُطُوا إِلَيْكُمْ أَيْدِيَهُمْ فَكَفَّ أَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah nikmat Allah (yang diberikan) kepadamu, ketika suatu kaum bermaksud hendak menyerangmu dengan tangannya, lalu Allah menahan tangan mereka dari kamu.” (QS.Al-Ma’idah:11)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ جَاءَتْكُمْ جُنُودٌ فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا وَجُنُودًا لَمْ تَرَوْهَا

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah akan nikmat Allah (yang telah dikaruniakan) kepadamu ketika bala tentara datang kepadamu, lalu Kami kirimkan kepada mereka angin topan dan bala tentara yang tidak dapat terlihat olehmu.” (QS.Al-Ahzab:9)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ

“Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu.” (QS.Fathir:3)

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ

“Wahai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu.” (QS.Al-Baqarah:40)

Kesengsaran manusia biasanya bukan karena sedikitnya sesuatu yang ia miliki, tapi karena dia sibuk menghitung kenikmatan orang lain dan melupakan nikmat yang ia miliki.

Sibuklah menghitung nikmat yang kita miliki sehingga muncul rasa syukur dari dalam hati kita.

Ingatlah bahwa semua nikmat yang kau miliki dari yang terkecil hingga yang terbesar adalah pemberian dan anugerah dari-Nya..

Pergilah ke rumah sakit agar engkau tau nikmat sehat..

Pergilah ke penjara agar tau nikmat kebebasan..

Pergilah ke pemakaman agar tau nikmatnya hidup..

Dan belajarlah untuk berbagi, karena semua yang kau miliki adalah pemberian-Nya..

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 179 pelanggan lain