Jangan Pernah Melupakan Kebaikan Orang

Jangan Pernah Melupakan Kebaikan Orang

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَلَا تَنسَوُاْ ٱلۡفَضۡلَ بَيۡنَكُمۡ

“Dan janganlah kamu lupa dengan kebaikan di antara kamu.” (Al-Baqarah:237)

Ayat ini merupakan pegangan dan konsep hidup dari Allah untuk tidak melupakan kebaikan dari orang yang pernah berbuat baik kepada kita. Karena salah satu tanda dari kebaikan akhlak dan sempurnanya adab adalah tidak melupakan kebaikan atau jasa yang pernah diberikan oleh orang lain.

Melupakan kebaikan orang yang telah berjasa dalam hidupmu adalah akhlak yang rendah.

Bagaimana engkau akan melupakan jasa orang tuamu yang menghabiskan hidupnya untuk kebahagiaanmu. Yang rela memberikan segalanya untukmu.

Bagaimana engkau akan melupakan kebaikan saudaramu yang pernah hidup bersama, makan bersama, bergurau bersama dan kini harus terpisah hanya karena perbedaan pendapat belaka.

Bagaimana engkau akan melupakan jasa gurumu yang telah membimbingmu menuju kesuksesan.

Bagaimana engkau melupakan kebaikan istrimu yang menemanimu dalam suka maupun duka.

Bagaimana engkau akan melupakan kebaikan kawan dan sahabatmu yang selalu ada untukmu dan selalu memberi support kepadamu.

Bagaimana engkau akan melupakan tetanggamu yang dulunya hidup bersama saling menjaga, namun kini semua itu tidak tersisa walau hanya sekedar bertegur sapa.

Coba renungkanlah bagaimana Al-Qur’an mengajak kita untuk tidak melupakan kebaikan orang lain. Bahkan disebutkan bahwa sifat orang berakal adalah menganggap semua kebaikan yang pernah ia lakukan itu kecil, walau sebesar apapun nilainya. Dan dia menganggap kebaikan yang diberikan oleh orang lain itu besar, walau seremeh apapun nilainya. Karena itulah ia tidak pernah melupakan kebaikan orang lain sekecil apapun.

Jadilah orang berakal dan jangan pernah lupakan kebaikan orang lain karena disitulah letak keindahan akhlakmu.

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 179 pelanggan lain